Udang Vaname

Udang Vaname

Memulai Budidaya Udang. Siapa yang bisa menolak kelezatan udang? Udang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Udang dapat dimasak menjadi makanan utama ataupun kudapan. Udang juga merupakan sumber protein yang tinggi sehingga banyak diminati konsumen. Oleh karena itu, budidaya udang dapat menjadi ide yang menarik karena memiliki pasar yang luas.

Budidaya udang ternyata dapat dilakukan pada lahan yang sempit. Selain itu, ada banyak cara mudah untuk membudidayakan udang dengan bebagai jenis. Budidaya udang juga bukan tidak mungkin untuk dilakukan oleh pemula dengan mengikuti prosedur yang disarankan oleh pelaku usaha budidaya profesional.

Belajar Budidaya Udang

1. Memilih Udang

Sebelum memulai usaha budidaya udang, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis udang yang berpotensi baik untuk dipasarkan. Dengan memilih jenis udang yang tepat, Anda akan dapat segera mendapatkan keuntungan tanpa harus mengolah sendiri atau mencari pembeli. Selain itu, dengan mengenal berbagai jenis udang, Anda akan bisa menentukan jenis pakan dan perawatan yang sesuai.

udang galah

a. Udang Galah

Termasuk ke dalam kelompok Macrobrachium rosenbergii, udang ini memiliki ukuran yang besar. Udang galah adalah udang terbesar di dunia yang ukuran tubuhnya dapat mencapai 30 cm. Itulah mengapa harga udang galah sangat tinggi di pasaran. Udang ini merupakan komoditi udang budidaya yang potensial. Namun demikian, perawatan udang jenis ini cenderung lebih sulit dibandingkan dengan udang lain.

udang windu

b. Udang Windu

Udang windu termasuk ke dalam jenis udang P. Monodon. Udang windu merupakan udang ukuran besar yang paling populer. Udang ini memiliki kulit yang cukup keras namun dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Akan tetapi, udang windu tergolong sulit dibudidayakan karena rentan terhadap penyakit. Oleh karena itulah harga udang windu cenderung mahal.

udang vaname

c. Udang Vaname

Udang vaname merupakan udang yang paling populer di pasaran Indonesia. Udang vaname termasuk ke dalam keluarga L. Vannamei dan umum dikonsumsi masyarakat. Budidaya udang vaname relatif mudah dan tingkat kesuksesan budidaya udang inipun tergolong tinggi. Udah vaname adalah jenis udang yang direkomendasikan untuk dibudidayakan oleh pemula.

2. Syarat Budidaya Udang

Usaha budidaya akan berhasil baik apabila pelaku usaha menerapkan syarat-syarat dengan benar. Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan kolam pada lahan yang bersih dan bebas limbah. Anda dapat menggunakan tambak kecil sebagai permulaan. Untuk memperkecil modal, Anda dapat juga menggunakan kolam terpal. Selain lebih murah, kolam terpal efisien dan menghemat tempat.

Kemudian, Anda harus menyiapkan sumber air. Ketersediaan air merupakan faktor penting untuk kesuksesan budidaya udang vaname. Suhu air harus berkisar antara 26- 30 derajat. Akan lebih baik apabila Anda memulai dengan air payau yang memiliki salinitas sekitar 33 ppt. Selain itu, Anda juga perlu mengukur tingkat kelembaban tanah. Penggemburan tanah dapat menggunakan alat berupa cangkul.

Anda baru dapat memasukkan air ke dalam kolam setelah tanah disiapkan kurang lebih 4 hari lamanya. Anda juga perlu melakukan pengapuran apabila kelembaban tanah terlalu tinggi. Untuk membuat kolam semakin berkualitas, Anda perlu memberi pupuk organik seperti pupuk kandang kering dengan ketebalan hinggal 10 cm. Setelah kolam siap, Anda dapat memasukkan air. Ketinggian air yang ideal adalah sekitar 10 sampai dengan 25 cm.

budidaya udang vaname

Harga Udang Vaname

Meskipun udang vaname memiliki ukurang yang tidak terlalu besar, udang ini banyak diminati pasar. Bahkah, pasar udang vaname Indonesia telah merambah ke dunia internasional. Udang vaname memiliki rasa yang lezat dan daging yang mudah diolah. Untuk itu, harga udang vaname bisa dikatakan tinggi baik di dalam pasar lokal maupun untuk ekspor. Bahkan, harga udang vaname kini semakin meningkat karena banyaknya permintaan.

Baca Juga : Aquascape Mini

Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya udang vaname adalah sekitar 4 sampai 5 bulan. Harga udang vaname bergantung pada ukuran dan berat udang. Udang vaname yang paling banyak diminati adalah udang dengan ukuran lebih dari 100. Harga udang vaname berbeda-beda untuk setiap daerah. Namun demikian, umumnya udang ini dipatok dengan harga 125.000 rupiah hingga 140.000 rupiah per kilogram.

Perlu Anda ketahui bahwa udang vaname juga dijual dalam standard ukuran bijian. Misalnya, udang vaname 100 berarti dalam satu kilogram udang, isinya sebanyak 100 biji. Ada pula ukurang 80 hingga 10 ekor saja dalam satu kilogram. Semakin besar udang vaname, semakin mahal pula harganya.

Budidaya udang vaname memerlukan proses belajar dari pengalaman dan dari tips-tips yang tersedia di banyak sumber. Anda perlu mengetahui trik dan solusi untuk permasalahan budidaya udang sebelum memulai. Selain itu, Anda juga perlu tahu kriteria bibit udang yang baik sehingga usaha budidaya Anda dapat berjalan dengan baik. Anda akan dapat meraup keuntungan maksimal jika persiapan yang Anda kerjakan juga maksimal.

Bagikan Artikel Ini :

Satu pemikiran pada “Udang Vaname”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Ikan Koi

Mengenal Ikan Koi Ikan koi adalah satu jenis ikan yang...

Close