Tumis Sawi Putih

Salah satu masakan rumahan yang paling mudah diproses adalah tumis. Segala macam tumis sangat lezat disajikan untuk keluarga. Selain cepat, masakan tumisan bisa juga menjadi olahan yang sehat karena mengandung sedikit minyak.

Teknik tumis bisa juga membuat masakan lebih sehat karena masakan tidak melalui proses yang terlalu lama sehingga nutrisinya tidak hilang.

Tumis sawi putih, tumis kangkung, tumis kacang panjang, tumis buncis, dan tumis kubis adalah beberapa pilihan tumis sayuran yang bisa Anda sajikan untuk keluarga.

Tumis Sawi Putih

Sawi putih memiliki banyak manfaat kesehatan karena sayuran ini tergolong rendah kalori. Kalori dalam setiap 100 gram sawi adalah 13 kalori.

Untuk itu, sawi putih sangat cocok digunakan sebagai menu pada program diet. Selain rendah lemak, sawi putih mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang penting untuk pencernaan.

Selain itu, sawi putih juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Sawi putih mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan B6. Di samping itu, sawi putih menandung kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, zat besi, dan natrium.

Baca Juga : Sistem Hidroponik

Berikut adalah resep tumis sawi putih sederhana yang bisa Anda coba di rumah.

1. Tumis Sawi Putih dengan Topping Udang

Tumis Sawi Putih Udang

Bahan

  • 1 bonggol sawi putih ukuran sedang
  • 5 siung bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 2 buah cabe merah
  • Garam
  • Gula
  • Kaldu
  • Udang kupas

Cara memasak

Iris sawi putih kecil-kecil tapi jangan terlalu halus. Kemudian, siapkan udang kupas. Apabila Anda membeli udang di pasar, Anda harus membersihkan udang dan membelah bagian kepalanya sebagian untuk mengeluarkan kotoran udang. Memasak resep tumis sawi putih akan lebih simple jika Anda menggunakan udang kupas beku.

Kemudian, iris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Setelah siap, panaskan penggorengan dan tuang sedikit minyak. Anda bisa menggunakan minyak goreng atau minyak zaitun agar lebih sehat. Masukkan bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu.

Setelah berbau harum, masukkan irisan cabe merah. Selanjutnya, masukkan udang dan masak hingga matang. Jika udang sudah berwarna merah, tambahkan air secukupnya. Tunggu air hingga mendidih. Kemudian, masukkan sawi putih. Masak sawi hingga layu.

Ingat, jangan memasak sayur terlalu lama karena akan merusak nutrisi yang ada di dalam sayuran. Tambahkan bumbu terakhir seperti garam, gula, dan kaldu untuk menyempurnakan resep tumis sari putih. Jangan lupa untuk icip sedikit agar masakan sedap dan sesui dengan selera keluarga Anda.

2. Tumis Sawi Putih Kombinasi Bakso

Tumis Sawi Putih Bakso

Selain resep di atas,  sawi putih bisa juga diolah dengan tambahan bakso dan sayur lainnya.

Bahan

  • 1 bonggol sawi putih
  • 1 buah wortel ukurant besar
  • 5 buah bakso
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabe rawit
  • 2 sdt minyak sayur
  • Garam
  • Lada

Cara Memasak

Pertama, iris sayur sawi putih dan wortel. Kemudian iris tipis bakso. Cincang bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.

Setelah siap, panaskan minyak secukupnya. Lalu, tumis bumbu hingga harum. Setelah matang, masukkan bakso dan sayuran. Masak sebentar lalu tambahkan garam dan lada secukupnya. Tes rasa untuk membuat masakan menjadi lebih sempurna.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan

Manfaat Sawi Putih

Manfaat Sawi Putih

Tumis sawi putih bisa menjadi menu andalan saat Anda harus memasak dalam waktu singkat. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapatkan. Sawi putih juga sangat baik untuk kesehatan keluarga.

Berikut adalah berbagai manfaat dari sayur sawi putih.

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sawi putih memang tidak dapat mengobati Covid19, tetapi keluarga Anda bisa menyantap makanan lezat sembari meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan Corona dengan olahan sawi putih.

Sawi putih mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sawi putih bisa mencegah kerusakan sel akibat berbagai faktor seperti radikal bebas.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Sawi putih mengandung beta karoten dan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Perkenalkan sawi putih pada anak-anak agar kesehatan matanya terjaga sejak dini.

3. Baik untuk Saluran Pencernaan

Sawi putih juga mengandug banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan. Sawi putih bisa mengatasi konstipasi dan pastinya baik untuk Anda yang sedang melakukan program diet.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Dapatkah tumis sawi putih mengontrol tekanan darah? Kandungan kalium di dalam sawi putih bisa membantu mengontrol tekanan darah. Akan tetapi, keseluruhan pola makan juga sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, penderita darah tinggi harus mengkonsumsi obat secara rutin.

5. Menyehatkan Tulang

Sawi putih mengandung kalsium dan vitamin K. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan tulang. Jika Anda ingin menghindari osteoporosis dan mempertahankan kepadatan tulang, memasak tumis sawi putih bisa menjadi pilihan.

Sawi putih memiliki cita rasa yang lezat dan menyehatkan. Tumis sawi putih bisa disajikan untuk sarapan, makan siang, ataupun bekal anak sekolah.

Jika mengkonsumi sawi putih secara rutin, Anda bisa mendapatkan manfaatnya untuk mata, kesehatan pencernaan, dan juga kesehatan tulang. Sawi putih bisa dengan mudah dikombinasikan dengan bahan lain seperti, udang, bakso, daging sapi, ataupun daging ayam.

Resep tumis sawi putih bisa dengan mudah dipraktekkan. Anda bisa mengkombinasikan resep sesuai dengan selera keluarga. Sawi putih bisa dikonsumsi anak-anak maupun dewasa.

Jika Anda suka dengan tumis sawi, Anda bisa juga membudidayakan sawi putih di pekarangan rumah Anda. Sawi putih bisa ditanam di dalam polybag sehingga bisa menghemat lahan.

Tinggalkan komentar