Ternak Bebek Petelur

Ternak Bebek Petelur – Secara tradisional biasanya bebek petelur di budidaya di lahan luas, seperti persawahan. Bisa juga dengan memanfaatkan kandang yang berdekatan dengan areal pertanian atau rawa-rawa.

Sekarang ini cara modern bisa diterapkan, dengan hasil yang main berkualitas. Apa saja cara tepat untuk budidaya jenis bebek tersebut?

Mempersiapkan Lokasi Budidaya Bebek Petelur

Kandang Ternak Bebek Petelur

Lokasi yang ideal untuk kandang bebek adalah yang relatif jauh dari pemukiman warga. Kebisingan hilir mudik kendaraan bermotor bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang bebek dan juga hasil telurnya. Selain itu, agar warga tidak terganggu dengan bau tidak sedap karena kotoran dan suara dari bebek.

Penting juga untuk memilih lokasi ternak bebek yang tetap mudah dijangkau oleh kendaraan bermotor. Akses jalan yang baik ini akan memudahkan distribusi pakan dan hasil telurnya. Sebelum membangun kandang bebek, pastikan juga lahannya tidak dalam sengketa atau legal, serta mengikuti peraturan yang ditetapkan.

Menghitung Anggaran Pembuatan Kandang Bebek

Kandang adalah rumah bagi bebek, agar bisa mendapatkan pakan dan berkembang biak dengan baik. Sekaligus melindunginya dari aksi oknum nakal yang akan melakukan pencurian.

Untuk itu, Anda harus membuat kandang bebek yang aman dan nyaman bagi hewan ternak tersebut. Tentukan bahan baku yang tepat dan siapkan anggaran yang memadai. Material yang biasanya digunakan dalam pembangunan kandang unggas ini adalah besi, kayu dan kawat.

Membuat Kandang Khusus Untuk Anak Bebek

Ukuran kandang untuk bebek dewasa yang siap untuk bertelur dengan anak bebek tentunya berbeda. Kandang box lebih tepat digunakan untuk anak itik selama masa pertumbuhannya.

Kandang khusus itu biasanya dibuat dari material plastik atau kayu. Ukuran idealnya berkisar 1-2 meter saja. Dengan ukuran tersebut setidaknya kandang itu bisa menampung anak bebek hingga 50 ekor.

Membuat Kandang Bagi Bebek Remaja

Tidak hanya untuk anak bebek saja yang memerlukan kandang khusus, tapi juga kala sudah beranjak remaja. Bebek remaja atau brower ini biasanya ditempatkan pada model kandang ren.

Kandang ini mampu menampung bebek berusia remaja dari 16-100 ekor. Ukuran kandang yang ideal digunakan adalah 2-3 meter. Kayu atau bambu biasanya lebih diandalkan sebagai material pembuatan kandangnya.

Membuat Kandang Bagi Bebek yang Sudah Siap Bertelur

Ternak Bebek dan Telur Bebek

Pada tahapan ini bebek juga memerlukan tempat khusus. Model kandangnya dirancang memiliki bentuk mirip baterai silinder. Setiap kotaknya hanya ditempati oleh 1-2 ekor bebek saja.

Alternatif lainnya adalah dengan membangun kandang kelompok. Ukuran kandang ini umumnya seluas 3×2 meter, yang mampu menampung sebanyak 30 ekor  bebek.

Mengatur Suhu Kandang Bebek

Cara ternak bebek petelur  dan tumbuh kembang bebek sangat tergantung dari kondisi kandangnya. Suhu yang sesuai akan mendukung peningkatan produktivitas bebek, sehingga menghasilkan telur berkualitas dalam jumlah maksimal.

Tingkat suhu yang disarankan adalah berkisar 39 derajat celcius. Jadi Anda harus rutin mengontrol kondisi suhunya, agar tetap terjaga sesuai keinginan.

Mengatur Kelembaban Kandang Bebek

Tingkat kelembaban kandang bebek sangatlah penting. Sebab kalau kondisinya terlalu kering, maka bebek tidak bisa hidup dengan nyaman. Untuk itu, Anda harus sangat memperhatikan kondisi lingkungannya.

Jika terlalu lembab maka bebek sangat rentan terserang beragam penyakit. Tingkat kelembaban yang dianjurkan dalam budidaya bebek adalah berkisar 60-65 persen.

Menerapkan Sistem Penerangan Kandang yang Sesuai

Bebek di usia pertumbuhan, usia remaja dan dewasa membutuhkan tingkat penerangan yang berbeda-beda. Untuk itu, sistem penerangan kandang harus disesuaikan dengan kebutuhan bebek di setiap tahapan usianya.

Tujuannya agar bebek bisa menunjang pertumbuhan, perkembangan dan hasil telurnya.

Menyiapkan Perlengkapan Kandang Bebek

Berbagai perlengkapan harus disiapkan agar memudahkan perawatan dan pemeliharaan hewan ternaknya. Beberapa perlengkapan tersebut adalah tempat minum dan pemberian pakan.

Kalau menyediakan kandang untuk bebek secara tidak berkelompok, maka harus dirancang dengan permukaan lebih miring.

Tujuannya agar telur yang dikeluarkan bebek dewasa berada di tempat yang aman. Sekaligus memudahkan Anda dalam mengambil telur-telur tersebut.

Memilih Bibit Bebek Petelur

Semakin bagus bibit bebeknya maka hasilnya pun akan semakin bermutu. Untuk itu, carilah bibit yang berkualitas akan mendukung hasil telur yang bagus. Biasanya ditandai dengan bebek yang mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan barunya.

Jadi sangat penting untuk senantiasa memperhatikan cara budidaya bebek petelur tersebut.

Baca Juga : Khasiat Telur Bebek

Membersihkan Kandang Secara Teratur

Risiko terserang penyakit semakin besar bagi bebek, bila kondisi kandangnya tidak terawat dan kotor. Sehingga bisa mengakibatkan kematian pada bebek dan sudah pasti Anda akan menderita kerugian.

Kebersihan kandang yang terpelihara dengan baik sangat penting bagi produktivitas atau hasil telurnya dan untuk mendukung sistem imunitasnya.

Memberikan Pakan Berkualitas dan Vitamin

Jenis pakan bebek tergantung dari usia dan kebutuhannya. Intensitas pemberian pakannya juga bisa berlainan. Selain itu, penting pula untuk memberikan obat dan vitamin, agar hewan ternak ini terhindar dari serangan penyakit dan selalu dalam kondisi sehat.

Dengan cara tersebut maka sangat mendukung kesuksesan analisa ternak bebek petelur 100 ekor.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat !

Bagikan Artikel Ini :

3 pemikiran pada “Ternak Bebek Petelur”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Cara Ternak Lele

Cara Ternak Lele - Budidaya ikan lele terbilang mudah perawatannya, kebutuhan modalnya...

Close