Ternak Ayam

Ternak Ayam merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang, namun semua itu tergantung pada tujuan masing – masing, ada yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri, bertujuan untuk komersial, bahkan sebagai hobi semata.

Sahabat kampung ternak…,

Dalam beternak ayam kita hanya cukup menyediakan lahan ternak, bibit ayam, pakan ayam, kandang ayam serta pengetahuan tentang cara ternak ayam yang menyenangkan dan menghasilkan.

Bahkan di lahan yang sempitpun Anda masih bisa beternak ayam, seperti di belakang rumah dan di samping kanan atau kiri rumah Anda. Idealnya berilah jarak yang cukup antara pemukiman dan lahan ternak.

Hasil ternak ayam yang bisa Anda manfaatkan antara lain berupa telur, daging bahkan kotoran ayam dan bulu ayam yang oleh sebagian orang dianggap sebagai limbahpun masih bisa Anda manfaatkan sebagai bahan dasar membuat pupuk, kemoceng atau yang lainnya.

Pertanyaannya : Bagaimana Cara Ternak Ayam yang baik, menyenangkan serta menghasilkan?

Ok Sahabat Kampung ternak...

Ada baiknya Anda mengikuti pembahasan sampai selesai mengenai pengetahuan seputar ternak ayam berikut ini agar Anda dapat menghasilkan dan meminimalisir kegagalan.

Jenis – jenis Ayam yang Perlu Anda Ketahui

Ayam Hias

Kata “ayam” istilah latinnya yaitu “gallus domesticus“. Berdasarkan jenisnya ayam dapat kita klasifikasikan ke dalam ayam ras dan ayam buras (bukan ras).

Jenis ayam ras yaitu ayam kampung, sedangkan ayam buras antara lain ayam broiler, ayam hias, ayam bekisar, ayam bangkok, ayam kate, ayam ketawa, ayam petelur, ayam cemani dan masih banyak lagi.

Klasifikasi ayam berdasarkan fungsinya yaitu : ayam pedaging, ayam petelur, ayam hias dan ayam sabung.

Tiga Sistem Ternak Ayam

 1. Ternak Ayam Sistem Umbaran Tradisional (Ektensif)

Cara ternak ini yaitu ayam diumbar atau dibiarkan tumbuh besar dan berkembang sendiri di lahan bebas sekitar pekarangan atau pemukiman penduduk. Anda sudah buatkan kandang ayam, namun terkadang masih saja kita jumpai ayam ini pada malam harinya tidur dan berteduh di atas ranting – ranting pohon sekitar pemukiman.

Hasil telur dan daging ternak ayam cara ini biasanya dalam skala kecil dan hanya untuk kebutuhan sendiri.

 2. Ternak Ayam Sistem Semi Intensif

Cara ternak ini masih tergolong umbaran namun bedanya yaitu dalam skala jumlah ayam cukup banyak pada lahan yang batasnya cukup luas, tujuan hasil ternak ini sudah untuk komersil atau dijual kepada masyarakat.

 3. Ternak Ayam Secara Intensif

Sistem ternak ayam dengan cara ayam dipelihara didalam kandang tidak dibiarkan bebas, tujuannya adalah komersial. Sehingga cara ini membutuhkan banyak perhitungan baik dari sisi jumlah kandang ayam, kecukupan pakan ayam, perawatan ayam.

Jangan sampai hasil ternak yang berupa telur dan daging ayam ketika Anda jual hasilnya mengalami kerugian.

Pemilihan Bibit Unggul Ayam

Bibit Unggul Ternak Ayam
Bibit unggul ternak ayam

Pemilihan jenis ayam Anda sesuaikan dengan tujuan awal ternak ayam. Dalam memilih anakan ayam yang berkualitas unggul dan baik, Anda bisa mulai dari penetasan telur sendiri dari induk Ayam yang berkualitas unggul atau bisa juga membeli anakan ayam berkualitas baik dari peternak ayam yang Anda percaya.

Jenis – jenis Pakan Ternak Ayam

Pakan sehat ternak ayam

Dalam memilih pakan ayam Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi pakan serta klasifikasi usia dan jenis ayam. Pemberian makan yang tepat waktu juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini merupakan jenis – jenis pakan ternak ayam :

 1. Pakan ternak ayam murah

Pakan ternak ayam murah adalah pakan yang ada dan tersedia disekitar tempat tinggal anda, untuk mendapatkannya anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, bisa berasal dari sisa makanan Anda (bukan yang basi), bahkan alam menyediakannya.

 2. Pakan ternak ayam alami

Pakan ayam yang berasal dari alam tanpa tercampur dengan bahan kimia, berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan lain. bisa berupa biji-bijian, kulit padi yang terkenal dengan istilah dedak, ampas tahu, bekatul, cacing tanah, serangga dan yang lainnya yang sejenis berasal dari alam.

 3. Pakan ayam fermentasi

Membuat pakan ayam fermentasi dengan tujuan mengubah karbohidrat menjadi asam organik sehingga pakan menjadi awet, dapat menekan biaya pakan ternak, apalagi jika lokasi kandang ternak jauh dari sumber makanan.

  • Fermentasi berbahan baku bekatul atau dedak halus
  • Fermentasi berbahan dasar tanaman air Azola
  • Fermentasi berbahan dasar batang pohon pisang
  • Fermentasi berbahan dasar ampas tahu
  • Fermentasi berbahan dasar singkong atau gaplek
  • Fermentasi berbahan dasar sorgum

 4. Pakan Ternak Ayam organik

Pakan ayam organik yaitu pakan yang bersumber dari hewan lain dan jenis tumbuhan

 5. Pakan Ayam Alternatif

Dalam memberikan pakan ayam alternatif sesuaikan dengan usia dan jenis ayam. Antara pakan anakan ayam yang usianya muda, ayam sedang dan ayam dewasa dibedakan. Usia muda anakan ayam lebih rentan mati dibandingkan ayam dewasa atau sudah besar.

Pakan ayam buatan pabrik; campuran pakan ayam buatan pabrik, dedak dan jagung; layer dan dedak atau jagung; sisa makanan; ampas tahu; ampas singkong.

Cara Pemberian Pakan Ternak Ayam yang Benar

Pemeliharaan yang Baik Ternak Ayam

Porsi atau takaran pemberian pakan ternak ayam sesuaikan dengan usia ayam ya Sahabat. Adapun waktu yang tepat pemberian makanan ayam adalah di waktu pagi hari sebelum ayam beraktivitas, siang dan sore hari.

Pembuatan dan Lokasi Kandang Ternak Ayam yang Ideal

Dewasa ini pembuatan kandang ayam banyak bahan dan jenisnya. Anda dapat membuat kandang ayam berbahan bambu, besi. Jenisnya bisa biasa, bertingkat, modern serta kandang minimalis. Yang terpenting Struktur Kandang Luas, Sejuk dan Kering.

Sebaiknya Anda membuat 2 jenis kandang ayam yaitu Kandang Karantina dan Kandang Sortir.

Lokasi kandang ayam di sekitar perumahan beri jarak yang cukup aman, kurang lebih minimal berjarak 5 meter dari rumah.

Lokasi kandang ayam di sekitar rumah dekatkan dengan dinding atau tembok, sedangkan di lahan luas jangan berada di tengah tengah lahan bebas tanpa halangan, ini bertujuan supaya ternak ayam tidak langsung terkena kencangnya hempasan angin.

Baca Juga : Ternak Ayam Kate

Pemeliharaan Ternak Ayam

Anakan Ayam atau Ayam Muda lebih rentan mati dibandingkan dengan ayam dewasa. oleh karena itu anak ayam diberi vitamin dan antibiotik supaya kekebalan tubuh meningkat.

Pemberian pakan yang cukup untuk ayam dewasa. Membersihkan kandang ayam agar senantiasa bersih dan tidak lembab (selalu dalam kondisi kering) sehingga kuman, virus dan bakteri tidak mudah berkembang. Jangan lupa ya Sahabat pemberian vitamin dan nutrisi tambahan ternak ayam.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat !

Bagikan Artikel Ini :

8 pemikiran pada “Ternak Ayam”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
harga kucing persia
Kucing Persia

Kucing Persia - Bagi Anda pecinta kucing jenis persia yang mempunyai keinginan...

Close