Telur Bebek

Telur Bebek ternyata bukan sekedar dapat menghasilkan bahan olahan yang nikmat seperti, martabak, campuran kue, telur asin dan lain sebagianya. Namun pada kenyataannya telur tersebut memiliki berjuta khasiat dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan. Protein yang cukup tinggi serta beragam jenis vitamin terkandung di dalam telur dari bebek.

telur bebek

Telur Bebek :

1. Khasiat Telur Bebek

Info harga telur bebek memang tidak dapat dipastikan dengan tepat, mengingat harga telur dapat berubah-ubah setiap saat. Selain itu berbeda kawasan juga berbeda pula harga dari telur tersebut. namun secara umumnya harga dari telur hewan bebek adalah sekitar tiga ribu rupiah per butirnya. Telur bebek tak hanya enak dikonsumsi, namun memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan kita.

Salah satu khasiat telur adalah mampu mengatur suasana hati agar selalu senang. Hal ini dikarenakan telur dari hewan bebek mengandung vitamin B5 dan B6 yang mampu menyeimbangkan kadar hormon. Dengan suasana hati yang rileks tersebut membuat Anda senantiasa fokus mengerjakan sesuatu dan Anda akan terlihat lebih pintar.

Mengkonsumsi telur hewan bebek juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam telur bebek mengandung vitamin A. sehingga mengkonsumsi telur dari bebek membuat kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan Anda tidak akan mudah sakit.

Mengkonsumsi telur juga dapat mempengaruhi kesehatan organ intim baik pada pria maupun wanita. Dimana kandungan selenium yang ada di dalam telur dapat meningkatkan produksi sperma. Sedangkan vitamin E dan B12 pada telur bebek dapat menyeimbangkan hormon dan menyehatkan ovum.

Selain itu kandungan telur dari bebek ternyata juga ikut berperan penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. karena mampu menangkal radikal bebas sehingga kulit dan tubuh Anda tetap sehat. jadi mulai sekarang biasakan diri Anda untuk mengonsumsi telur dari bebek. Karena harga telur hewan bebek yang semakin tinggi membuat peluang usaha telur ini cukup menjanjikan di masa depan.

mesin penetas telur

2. Cara Menetaskan Telur Bebek

Harga telur bebek yang terbilang cukup tinggi tersebut membuat banyak orang mulai beternak bebek. Sama halnya seperti beternak ayam, beternak bebekpun bukanlah hal yang terlalu sulit apabila kita telah mempelajari dengan benar tekniknya. Dengan penerapan teknik yang tepat tentunya usaha ternak bebek yang Anda tekuni menjadi semakin lancar.

Salah satu hal penting yang benar-benar harus Anda mengerti agar peternakan bebek Anda lancar adalah Anda harus mengetahui cara menetaskan telur bebek yang tepat. Saat ini banyak orang beranggapan jika semua telur bisa ditetaskan. Padahal tidaklah demikian, dalam proses penetasan telur ternak bebek tentunya ada banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan, termasuk dalam hal memilih telurnya.

Dalam memilih telur yang bagus sebaiknya Anda memilih telur yang dihasilkan melalui perk4winan antara bebek jantan dan betina. Sebaiknya pilih telur baru dengan bentuk oval dan memiliki cangkang yang baik. Cangkangnya tidak boleh retak karena akan menggagalkan proses penetasan.

bebek

Setidaknya ada 2 cara untuk menetaskan telur tersebut, yang pertama adalah dengan bantuan induk. Jika penetasan telur dilakukan dengan cara ini membutuhkan waktu sekitar 28 hari. Tentunya kita harus memperhatikan tempat agar proses penetasan ini berhasil.

alat penetas telur

Sedangkan cara kedua adalah menggunakan mesin penetas telur. Proses penetasan telur hewan bebek maupun telur ayam menggunakan mesin merupakan cara penetasan yang paling mudah. Anda hanya perlu meletakkan mesin penetas pada tempat yang tepat yaitu tidak terkena sinar matahari dan hembusan angin secara langsung.

Sebelum memasukkan telur ke dalam mesin sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan fumigasi untuk mengurangi kuman pada ruang mesin yang berpotensi membuat telur menjadi busuk. Kemudian panaskan  hingga mencapai suhu stabil untuk penetasan telur yaitu antara 38 hingga 39 derajat celcius. Kemudian Anda harus menyiapkan lampu.

cara menetaskan telur bebek

Sebelum memasukkan telur ke dalam mesin terlebih dahulu bersihkan cangkang telur dengan air hangat untuk membunuh bakteri. Kemudian letakkan telur di dalam mesin baik dalam posisi tidur maupun tegak. Selanjutnya lakukan peneropongan telur untuk melihat ada tidaknya embrio di dalam telur. Telur yang tidak memiliki embrio harus dikeluarkan dari dalam mesin.

Baca Juga : Cara Ternak Lele

Selanjutnya tutup rapat ventilasi hingga hari ke 3, kontrol suhu serta perhatikan air di dalam wadah, jika air berkurang segera di tambahkan. Lakukan pembalikan telur harian serta lakukan pendinginan telur harian. Selain itu pastikan Anda melakukan peneropongan rutin untuk melihat perkembangan embrio.

anak bebek

Satu hal yang perlu Anda ingat, pastikan Anda langsung memindahkan anakan bebek setelah menetas dari mesin tersebut setelah bulunya sudah mengering dan tempatkan anakan bebek di tempat yang bersih dan terjaga. Nah itu dia proses penetasan telur ternak bebek yang tepat dan harus Anda pelajari. Dengan teknik yang tepat tersebut tentunya proses peternakan bebek yang Anda jalani akan berhasil.

Bagikan Artikel Ini :

2 pemikiran pada “Telur Bebek”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Aquascape Mini

Aquascape Mini memang tidak asing lagi di dunia peternakan, terlebih di...

Close