Tanaman Indoor

Membuat desain interior dengan keindahan dan fungsi yang baik akan membuat rumah semakin nyaman. Hunian tidak perlu besar dan mewah. Anda hanya harus membuat konsep interior yang bisa meningkatkan mood di dalam ruangan.

Ada beberapa cara yang biasa Anda lakukan untuk meningkatkan estetika di dalam ruangan. Salah satu cara untuk memperindah hunian adalah dengan menghiasi sudut ruangan dengan tanaman indoor. Memberikan sentuhan hijau dengan tanaman hias akan menghidupkan suasana ruangan.

Anda tidak hanya akan mendapatkan kesan segar tapi juga harmoni. Ketika membawa unsur alam ke dalam ruangan, Anda bisa menikmati pesona outdoor yang bebas dan segar di dalam ruang yang terbatas.

Tanaman Indoor

Tanaman Dalam Ruang

Ada berbagai macam tanaman indoor yang bisa Anda pilih untuk menjadi bagian dari dekorasi interior. Berikut adalah contoh tanaman dalam ruangan yang cocok untuk interior.

1. Succulent Echeveria

Tanaman Hias Dalam Ruangan

Succulent dengan berbagai varietasnya akan menjadikan sudut ruangan Anda menawan. Succulent echeveria adalah pilihan yang pas untuk digunakan sebagai tanaman indoor.

Succulent bisa digantung ataupun diletakkan di dalam pot. Anda tidak perlu menyiram succulent setiap hari karena tanaman ini tidak suka terlalu banyak air.

Anda hanya perlu menyiram apabila media tanam sudah tampak kering. Yang perlu Anda hindari adalah untuk tidak meletakkan succulent di ruangan yang lembab karena berpotensi menjamur.

2. Aloe Vera

Tanaman Indoor Aloe Vera

Aloe Vera yang sangat populer dengan nama lidah buaya juga merupakan keluarga Succulent. Tanaman ini umumnya ditanam di pekarang luar ruangan. Akan tetapi, aloe vera bisa juga menjadi tanaman indoor yang indah.

Sama dengan tanaman succulent yang mengandung air, aloe vera bisa menjadi tanaman dalam ruangan yang baik karena bisa ditanam di pot kecil yang cantik. Anda bisa memadukan pot gerabah bergambar dengana aloe vera yang akan tampak lucu dan menarik.

Ruangan bisa menampilkan kesan simple dan estetik dengan aloe vera yang terawat dengan baik. Selain sebagai tanaman hias, aloe vera bisa memberikan berbagai manfaat. Aloe vera terkenal baik untuk menutrisi rambut.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan tanaman indoor ini untuk mengatasi luka bakar atau sebagai pelembab kulit alami.

3. Anthurium

Anthurium Tanaman Hias Dalam Rumah

Anthurium adalah nama spesies yang terdiri dari banyak varietas tanaman indoor. Namun demikian, tanaman anthurium mini dengan bunga berwarna merah cerah akan menjadi pilihan yang tepat.

Tanaman anthurium jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi meskipun bunganya kecil dan imut. Bunga ini sering dirangkai menjadi bouquet bunga dan jika ada bunga anthurium di dalam rangkaian, maka harganya menjadi cukup mahal.

Rupanya, bunga anthurium adalah tanaman hias yang umum ditanam di area kerajaan. Pantaslah jika tanaman hias ini bisa menjadi tanaman dalam ruangan yang indah dan elegan.

Jika Anda ingin menambahkan warna selain daripada warna hijau segar sebagai penghias ruangan, Anthurium akan menjadi pilihan yang cantik.

4. Pachira

Tanaman Indoor Pachira

Jika Anda suka menerapkan Feng Shui untuk hunian Anda, Pachira adalah tanaman yang wajib Anda miliki. Tanaman ini terkenal dengan dengan nama money plant. Anda dengan mudah bisa meletakkan pachira di sudut ruangan atau pada area yang disarankan Feng Shui.

Tanaman ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Perawatan pachira sangat mudah. Anda bisa memangkas dahannya sesekali dan menyiram seperlunya. Tanaman indoor ini berukuran medium dan akan cocok untuk ruangan yang cukup luas.

5. Pothos

Tanaman Indoor Pothos (Sirih Gading)

Tanaman hias ini sangat populer karena ketahanan dan keindahannya sebagai tanaman dalam ruangan. Nama populer untuk tanaman ini adalah sirih gading.

Tanaman rambat ini memiliki banyak variasi warna dan ukuran. Tanaman ini sangat mudah ditanam dan dirawat. Anda bisa menanam pothos pada media air, tanah, sekam, dan bahkan di dalam gel.

Pothos adalah salah satu tanaman gantung terbaik yang bisa Anda letakkan di dalam ruangan. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kebutuhan air tanaman ini.

6. Sansevieria

Sansevieria Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tanaman hias dalam ruangan ini benar-benar pilihan yang tepat untuk keindahan dan manfaat kesehatan. Tanaman yang populer dengan nama lidah mertua atau snake plant ini sangat baik untuk digunakan sebagai penyegar udara karena bisa menyerap racun.

Di dalam satu pot ukuran sedang, Anda bisa menanam banyak lidah mertua atau bahkan mencampur beberapa jenis sansevieria sekaligus. Tanaman ini memproduksi oksigen baik siang hari maupun malam hari.

Jadi, udara akan terasa lebih segar sekaligus lebih sehat karena tanaman hias dalam ruangan ini akan menyerap racun yang berada di udara.

7. Lavender

Tanaman Indoor Lavender

Tidak sulit menemukan tanaman yang pas untuk hiasan interior karena Anda memiliki banyak alternatif. Lavender akan menjadi pilihan yang unik.

Bunga lavender berwarna ungu yang cerah dan manis untuk segala ruangan. Lavender juga memiliki aroma yang nyaman untuk membantu Anda meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, lavender sangat baik untuk diletakkan di dalam kamar tidur. Aroma lavender bisa menghalau nyamuk dan juga membantu Anda untuk lebih rileks. Bahkan, aroma lavender juga bisa mengatasi rasa cemas.

Memilih tanaman indoor sebagai hiasan tata ruang interior dapat lebih mudah apabila Anda sudah memiliki konsep. Untuk konsep tropis, Anda bisa memilih sansiviera, pothos, atau tambahan tanaman besar seperti Monstera jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas.

Succulent echeveria, aloe vera, cactus, dan sansevieria sangat cocok untuk ruangan bertema minimalis, retro, ataupun rustic. Sedangkan, anthurium dan lavender akan terlihat elegan untuk rumah klasik ataupun interior dengan konsep shabby chic.

Tinggalkan komentar