Peternakan Sapi

Selama bertahun-tahun minum susu sapi dan menikmati olahan produk dari peternakan sapi, tidakkah Anda ingin mencari tahu tentang ternak sapi? Sapi adalah hewan ternak yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Susu sapi telah terbukti membawa manfaat dengan nutrisinya yang tinggi. Selain itu, daging sapi juga merupakan bahan pangan yang sangat penting.

Sapi juga merupakan komoditas yang dicari untuk keperluan hari raya. Tidak hanya daging dan susunya, sapi juga telah memberikan banyak kontribusi untuk dunia pertanian. Bahkan kotoran sapi juga merupakan produk yang bermanfaat untuk dijadikan pupuk kandang.

Kini, peternakan sapi juga ada yang dikembangkan menjadi wisata edukasi. Kandang sapi berstandard internasional disulap menjadi arena belajar anak-anak untuk lebih mengenal dunia peternakan.

Selain itu, area sekitar peternakan juga dikembangkan menjadi taman untuk bermain. Anak-anak bisa bermain sambil belajar mengenal alam sekaligus dunia sapi.

Di Indonesia, ada banyak peternakan sapi yang dikembangkan untuk memenuhi permintaan industri olahan sapi. Selain itu, ada banyak pula peternak kecil yang juga menggeluti dunia ternak sapi.

Di Indonesia, komoditas daging sapi sangat diminati pasar. Produksi susu sapi juga memiliki harga yang baik karena akan diolah menjadi beragam produk siap konsumsi.

Untuk lebih memahami dunia ternak sapi, Anda harus mencari informasi tentang manajemen peternakan hewan tersebut.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenal peternakan sapi terbesar di indonesia untuk lebih mengenal tentang ternak sapi.

5 Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia

Di Indonesia, ada ribuan peternakan sapi yang dikelola pemerintah, swasta, dan juga dikelola peternak sederhana. Namun demikian, hanya ada beberapa saja yang dapat dikatagorikan sebagai peternakan yang produktif untuk tingkatan nasional.

1. PT Greenfields Indonesia

Peternakan Sapi

Peternakan sapi Greenfields tidak hanya populer di Indonesia tapi juga di berbagai negara Asia Tenggara. PT Greenfields Indonesia telah berkontribusi untuk menghasilkan produk dari sapi perah dengan kualitas tinggi.

Perusahaan peternakan ini konsisten menghasilkan susu dari jenis sapi Holstein. Sapi jenis ini merupakan sapi berkualitas tinggi yang diimport dari Australia.

Selain dari komoditas sapinya yang berkualitas, Greenfields juga memberikan pakan yang berkualitas untuk ternak. Pakan untuk sapi-sapi Greenfields diimport dari California sehingga sapi mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Selain itu, untuk menjaga hasil produksi susu, lingkungan peternakan juga selalu dikelola dengan manajement kebersihan lingkungan dengan standard tinggi. Greenfields adalah peternakan sapi terbesar di indonesia yang kerap menjadi tujuan kunjungan studi banding.

2. PT Tanjung Unggul Mandiri

Peternakan Sapi Potong

Jika PT. Greenfields Indonesia fokus dalam hal memproduksi susu sapi, PT Tanjung Unggul Mandiri lebih berfokus pada usaha untuk menggemukkan sapi.

Peternakan ini terletak di daerah Tangerang, Banten. PT Tanjung Unggul Mandiri utamanya mengelola sapi dari jenis Brahma.

Sapi-sapi di peternakan ini didatangkan dari Australia. Produktivitas peternakan ini sudah tidak diragukan lagi karena lahannya yang begitu luas.

Luas lahan peternakan ini dapat menampung hingga 23.000 ekor sapi. Apabila sedang ada lonjakan permintaan, peternakan ini dapat menyuplai lebih dari 30.000 ekor sapi.

3. PT Great Giant Livestock

Peternakan Sapi Pedaging

Peternakan ini bergerak dalam bidang penggemukan sapi untuk sapi pedaging. PT Great Giant Livestock adalah anak perusahaan dari Gunung Sewu Group. Produktivitas ternak sapi potong ini sudah dapat memenuhi permintaan pasar selama bertahun-tahun.

Selain itu, peternakan ini juga dapat memproduksi susu sapi segar untuk digunakan sebagai bahan olahan produk susu dan turunannya.

Perusahaan peternakan ini dapat memproduksi sekitar 100 ribu ekor sapi per tahun. Itu adalah angka luar biasa untuk peternakan dalam negeri. Salah satu peternakan sapi terbesar di Indonesia ini berada di Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

4. PT Widodo Makmur

Peternakan Sapi Potong

Dengan luas lahan sekitar satu setengah hektar, peternakan ini dapat menampung lebih dari seribu ekor sapi. PT. Widodo Makmur bergerak dalam bidang peternakan sapi potong.

Jadi, fokus usaha peternakan ini adalah dalam bidang penggemukan sapi. Seluruh sapi yang diternakkan di perusahaan ini berasal dari Australia.

Sapi-sapi yang diimport dari Australia terbukti berkualitas dan dapat tumbuh menjadi sapi yang gemuk dan baik untuk menjadi komoditas sapi potong.

Seiring dengan berkembangan perusahaan, PT Widodo Makmur mulai merambah dunia selain peternakan sapi. Perushaan ini secara perlahan juga merambah industri bahan pangan, minyak, dan bahkan properti.

5. PT Citra Agro Buana Semesta

Peternakan Sapi Terbesar di Indonesia

Peternakan ini terletak di daerah Garut, Jawa Barat. Perusahaan ini mendulang sukses dan mulai terkenal sejak tahun 200an setelah bertahan melalui krisis moneter sekitar tahun 1998.

Peternakan ini berfokus pada usaha peternakan sapi potong. Perusahaan ini juga membuktikan bahwa sapi Australia sangat berkualitas dan cocok untuk ternak sapi pedaging.

Pada awal-awal usaha, peternakan ini pernah mengelola sapi lokal. Namun demikian, sapi lokal sangat sulit bertahan untuk menjadi komoditas pedaging. Pasar lebih menyukai sapi pedaging yang berasal dari bibit sapi dari Australia.

Kawasan peternakan sapi baik itu sapi perah maupun sapi potong merupakan Kawasan steril yang sangat menarik untuk dipelajari.

Di dalam perusahaan peternakan terbesar di indonesia, ada dedikasi untuk memproduksi sapi untuk memenuhi permintaan pasar.

Dengan demikian, peternakan hewan yang satu ini juga berkontribusi dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia dengan memenuhi bahan pangan bergizi tinggi.

Selain itu, produsen sapi perah dan sapi pedaging juga akan dapat mendorong perekonomian karena bisa menyuplai bahan untuk industri produk olahan turunan dari daging sapi dan susu sapi.

Tinggalkan komentar