Jenis Kucing

Jenis Kucing – Tentang jenis kucing di dunia, bisa jadi Anda yang hobi memeliharanya sudah hafal di luar kepala. Namun hafal jenisnya seringkali berbanding terbalik dengan pengetahuan mengenai cara perawatan kucing tersebut. Lebih banyak penyuka kucing hanya tahu bagaimana cara perawatan kucing miliknya, namun tidak dengan jenis yang lain.

Hal tersebut wajar terjadi mengingat minimnya interaksi Anda dengan ras kucing yang lain. Namun sebagai penyuka kucing, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui dasar perawatan berbagai macam ras kucing. Bila suatu saat Anda berniat menambah kucing peliharaan di rumah, merawatnya tidak lagi sulit dilakukan. Berikut ulasan singkat tentang cara merawat kucing berdasarkan jenisnya:

kucing persia

1. Si Bulu Tebal, Kucing Persia

Semua penyuka kucing di dunia, seharusnya sudah tidak lagi asing dengan kucing Persia. Jika di Indonesia populer dengan nama kucing Persia, kucing yang satu ini juga terkenal dengan nama Persian Cat di dunia. Populernya jenis Persia ini tidak lepas dari bulu-bulunya yang tebal, panjang lagi cantik. Wajahnya menggemaskan dan perawatan jenis kucing Persia pun tidak sulit.

Selain penampilannya yang cantik dan menggemaskan, kucing Persia ini terkenal sebagai jenis rumahan. Dia cenderung memiliki sifat pendiam, tidak sensitif dan juga makannya sedikit. Diantara jenis yang lain, kucing Persia juga cenderung tidak bandel sehingga membiarkannya di rumah tanpa dikurung sama sekali tidak berbahaya.

kucing persia

Mengingat sifatnya yang pendiam, kucing Persia juga tidak memerlukan fasilitas bermain yang terlalu kompleks seperti jenis yang lain. Kucing Persia ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit sehingga Anda pemilik Persia tidak perlu khawatir. Perawatan utama yang dibutuhkannya adalah menjaga kebersihan bulu, vitamin kucing dan makanan dengan nutrisi terbaik.

Bulunya yang panjang dan tebal, membuat Persia mudah kotor jika dibiarkan keluar rumah. Sifatnya sebagai kucing rumahan juga mengharuskan Persia tidak boleh sering dibawa ke luar rumah. Cara perawatan kucing Persia paling mudah adalah dengan memandikan secara rutin untuk memastikan bulunya bersih dan bebas kutu.

Jenis makanan bernutrisi tinggi diperlukan Persia untuk membuat tubuhnya sehat dan menjadikan bulunya semakin cantik, tidak mudah rontok. Makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan laut dapat menghindari kerontokan pada bulunya. Cara merawat kucing Persia lainnya yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan kuku kaki dengan rutin memotongnya.

kucing anggora

2. Si Hidung Pesek, Kucing Anggora

Selain Persia, jenis kucing peliharaan yang seringkali berada di rumah cat lovers adalah Anggora. Mirip dengan Persia, kucing Anggora ini juga memiliki bulu lebih panjang, tebal dan tentunya sangat cantik. Satu hal yang membuat Anggora banyak disukai adalah bentuk hidungnya yang cenderung pesek dan membuatnya terlihat semakin lucu dan menggemaskan.

Bulunya yang panjang, menjadikan cara merawat kucing Anggora ini sedikit lebih rumit. Namun bukan masalah bulunya saja yang membuat penyuka Anggora kesulitan. Melainkan antara kucing jantan dan betina juga mengharuskan cara perawatan berbeda. Hal ini karena keduanya memiliki sifat yang cenderung berbeda sehingga membutuhkan perawatan tidak sama.

Anggora jantan cenderung sensitif, suka menyerang kucing jantan lain dan teritorial. Kebiasaannya suka mencakar harus Anda perhatikan sehingga tidak salah merawat kucing Anggora. Makannya tidak sulit karena sekaligus banyak. Sedang Anggora betina cenderung pendiam, santai dan manja. Makannya juga tidak sulit hanya saja lebih sedikit namun intensitasnya sering.

Hal yang tidak boleh diremehkan dari perawatan jenis kucing Anggora jantan adalah menyediakan tempat mencakar dan memanjat. Kandang harus lebih luas dan bersih, mengingat si jantan ini sangat suka bermain dan badannya mudah kotor. Pastikan menyediakan makanan dalam jumlah cukup, mengingat si jantan makan sangat banyak dan jangan sampai kehabisan.

Cara merawat kucing Anggora betina sedikit lebih mudah dari jantan. Tidak harus menyediakan tempat mencakar namun juga memerlukan kandang yang bersih. Pastikan menyediakan makanan sehat dan bernutrisi untuk mencegah diare. Baik jantan dan betina sama-sama harus dimandikan minimal satu hari sekali dengan air hangat saat sore hari. Hal ini untuk mencegah kutu bersarang pada bulu.

kucing kampung

3. Si Liar dan Menggemaskan, Kucing Kampung

Dibanding jenis kucing lain, perawatan kucing kampung atau lokal lebih mudah dilakukan. Kucing yang terkenal bandel ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus baik dari kesehatan tubuh ataupun bulunya. Sayangnya tidak banyak penyuka kucing yang memeliharanya di rumah. Anggapan negatif tentang kucing kampung yang liar seringkali tidak menarik orang untuk memeliharanya.

Baca Juga : Kucing Persia

Padahal kelucuan kucing kampung ini tidak jauh berbeda dengan kucing peranakan seperti Persia dan Anggora. Bulunya yang lebih pendek sama sekali tidak mengurangi kelucuannya. Sementara hidungnya yang mancung, menjadikannya gagah bahkan meski itu berjenis kelamin betina. Perlu Anda ketahui, meski terbiasa di alam liar, justru kucing kampung sangat mudah dijinakkan.

kucing kampung

Jenis kucing kampung sama sekali tidak sulit dirawat. Baik jantan dan betina tidak memerlukan perawatan khusus. Sifatnya cenderung liar, membuat Anda tidak boleh banyak mengekangnya di rumah. Kandang harus luas untuk membuatnya aktif bergerak dan bermain. Kucing kampung juga akan lebih banyak mencakar, jadi sediakan papan khusus mencakar.

Jenis kucing kampung memiliki daya tahan tubuh luar biasa bandel. Menjadikan kucing kampung ini tidak rewel dalam soal makanan. Jika kucing Anggora dan Persia membutuhkan jenis pakan dan vitamin kucing khusus, tidak demikian dengan kucing kampung. Cukup berikan makanan bernutrisi tinggi seperti ikan laut, ayam dan daging yang telah dimasak sebelumnya.

Perhatikan kandangnya untuk selalu bersih mengingat kucing kampung lebih suka bermain di tempat-tempat kotor. Untuk menjaga kebersihan bulunya, mandikan secara rutin minimal 3 hari sekali. Berikan vaksin dan vitamin dengan rutin, namun tidak susu. Jenis kucing kampung ini cenderung mudah diare saat diberi susu. Mudah bukan merawat kucing? Selamat mencoba, ya.

Bagikan Artikel Ini :

2 pemikiran pada “Jenis Kucing”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Harga Ayam Broiler

Harga Ayam Broiler saat ini memang semakin meroket. Hal ini bukanlah...

Close