Ikan Koi

Mengenal Ikan Koi

Ikan koi adalah satu jenis ikan yang paling banyak dipelihara sebagai ikan hias. Ikan ini berasal dari Jepang yang bernama asli nishikigoi. Ikan koi merupakan ikan hias yang termasuk ke dalam ikan mas. Ornamen emas dan warna orange terang pada tubuh ikan koi memberikan efek yang manis pada aquarium atau kolam. Ikan koi juga banyak dipelihara karena terbukti baik untuk feng shui.

ikan koi

Kata koi merupakan homofon untuk kata lain yang berarti cinta. Untuk itu, ikan koi memiliki efek yang baik untuk menumbuhkan cinta di dalam sebuah rumah. Selain itu, koi juga merupakan ikan keberuntungan di dalam kebudayaan Tionghoa. Oleh karena itu, Feng shui menyarankan kolam dengan banyak koi untuk memberikan keberuntungan bagi pemilik rumah.

Meskipun terkenal dengan warna emas dan orange, beberapa jenis ikan koi memiliki warna putih, hitam, merah, biru, kuning, dan bahkan warna cream yang unik. Warna-warna yang cantik tersebut dapat membuat kesan yang menarik untuk sebuah kolam.

Selain untuk kepentingan hiasan interior dan eksterior rumah, ikan koi juga sangat baik untuk menjadi bagian dari gedung komersial seperti kantor dan restauran. Ikan koi dapat memberikan kesan yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keberuntungan di berbagai tempat. Selain itu, warna ikan koi dapat dengan mudah masuk ke semua pilihan warna interior dan eksterior

Berikut ini adalah spesifikasi ikan koi yang perlu Anda ketahui:

jenis jenis ikan koi

1. Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan koi memiliki berbagai jenis yang ukuran. Salah satu ikan koi yang paling dicari adalah kohaku. Ikan koi ini adalah koi dengan corak unik yang eksotis. Selain itu, ada pula ikan koi sanke yang populer karena tiga corak warnanya. Ikan koi ini memiliki warna merah, hitam, dan putih dengan corak yang sangat indah. Ikan koi showa memiliki corak yang hampir mirip dengan ikan koi sanke. Hanya saja, koi showa memiliki warna dominan hitam.

budidaya ikan koi

2. Harga Ikan Koi

Harga ikan koi sangat beragam. Harga koi bergantung pada popularitas dan kualitas ikan koi. Ikan koi Kohaku berkisar mulai 100.000- 600.000 rupiah per ekor. Harga kohaku tergantung pada ukurannya. Sedangan ikan koi Sanke bahkan dihargai jauh lebih mahal. Apabila ikan koi sanke didatangkan langsung dari Jepang, ukuran kecilnya dapat dijual mencapai 2 juta rupiah. Untuk ikan koi Showa, harganya dipatok mulai 200.000 per ekor untuk ukuran yang kecil.

kolam koi

3. Kolam Koi

Ikan koi bukanlah ikan biasa. Untuk itu, penting sekali untuk menyiapkan kolam koi yang baik untuk menjaga kesehatan koi. Selain itu, kolam ikan koi harus dibuat dengan perencanaan yang baik mengingat koi adalah ikan hias dengan harga yang cukup tinggi. Kolam ikan koi harus memiliki flter air yang memadai untuk menjaga kebersihan air. Selain itu, sistim pembuangan pada kolam koi juga harus diperhatikan.

kolam ikan koi

Banyak ide desain ikan koi yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Umumnya, kolam dengan desain minimalis banyak diminati untuk saat ini. Ide kolam minimalis umumnya berbentuk persegi atau persegi panjang dengan bahan batu alam. Ornamen kolam ikan koi tidak perlu terlalu banyak karena warna ikan koi akan lebih menonjol dengan kolam sederhana.

kolam koi

Selain itu, kolam ikan koi dapat dibuat dengan ide kontemporer. Anda dapat menggunakan kaca dan membuat kolam dengan bentuk abstrak untuk mendapatkan kesan unik. Di dalam kolam kaca, ikan koi dapat terlihat lebih menarik. Untuk membuat kolam lebih cantik, Anda dapat juga membangun jembatan kecil di tengah kolam. Dengan demikian, Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan ikan koi lebih dekat.

kolam ikan koi

Membuat kolam ikan koi dengan ornamen air terjun atau pancuran air juga dapat menjadi ide yang menarik. Suara gemericik air dapat membuat kolam menjadi lebih bermanfaat sebagai terapi stress. Ketika Anda merasa stress, suara air dan warna-warni koi dapat memberikan efek yang baik untuk meringankan stress. Bahkan, banyak pakar berpendapat bahwa suara air dapat membuat penghuni rumah lebih rileks dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

makanan ikan koi

4. Pakan Ikan Koi

Ikan koi termasuk ke dalam omnivora. Oleh karena itu, Anda dapat memberik makanan berupa hewan kecil ataupun sayuran dan buah untuk ikan koi. Ikan koi memerlukan nutrisi yang baik karena umumnya, ikan tersebut sangat rentan terhadap perubahan suhu dan iklim di Indonesia.

cara merawat ikan koi

Baca Juga : Udang Vaname

Makanan yang berasal dari hewan kecil bisa berupa cacing sutera, udang, salmon cincang, dan bekicot. Sedangkan, makanan yang koi bisa juga berupa sayur dan buah seperti ganggang.

Anda juga dapat memberikan buah semangka atau jeruk untuk makanan ikan koi. Namun demikian, memberikan makanan berupa buah tidaklah mudah. Anda harus melatih ikan koi terlebih dahulu. Ikan koi harus terbiasa dengan makanan berupa sayur dan buah dengan latihan selama beberapa waktu.

Perawatan ikan koi umumnya tidak sulit. Hanya saja, Anda harus memperhatikan kebersihan kolam dan ketersediaan pakan untuk menjaga kesehatan ikan koi.

Bagikan Artikel Ini :

Satu pemikiran pada “Ikan Koi”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Budidaya Belut

Budidaya Belut untuk Pemula Budidaya Belut - Tahukah Anda bahwa...

Close