Ikan Arwana

Ikan Arwana – Bagi para penghobi koleksi ikan hias tentu mengenal dan paling tidak mengetahui nama ikan tersebut. Ikan ini mempunyai daya tarik sendiri bagi pecintanya. Mayoritas pecinta ikan bahkan mempunyai satu jenis dari ikan ini.

Osteoglossidae merupakan nama ilmiah dari ikan tawar ini, mempunyai berbagai ukuran yang bergantung dari jenis, lingkungan hidup dan juga tempat asalnya.

arwana aquarium

Ada banyak sekali jenis dari ikan ini di dunia yang dapat dipelihara seperti yang berasal dari Australia, Asia, Afrika dan juga Amerika Serikatlah, namun yang akan Kami bagikan ialah jenis ikan osteoglossidae yang berasal dari Indonesia. Ikan yang terkenal karena harga yang cukup fantastis di daerah Indonesia sering dijumpai di Papua dan Kalimantan.

jenis ikan arwana golden red

JENIS IKAN ARWANA

Jika, Anda salah satu pecinta ikan hias dan ingin menambah koleksi ikan, berikut jenis ikan arwana yang bisa direkomendasikan, antara lain:

arwana red banjar

1. Ikan Banjar Red Arowana (Arwana Banjar)

Ikan Banjar Red Arowana ini mempunyai warna merah dengan level kedua, namun warnanya tak tampak seperti ikan Red Arwana. Panjang maksimal yang bisa dijangkau oleh pertumbuhan ikan Banjar Arwana ini adalah 90 cm. membutuhkan kapasitas akuarium yang cukup besar agar dapat menampung ikan Banjar Red Arwana ini. karena ikan ini merupakan jenis ikan osteoglossidae yang sangat aktif dan membutuhkan tempat untuk bergerak yang cukup.

Ciri fisik yang paling menonjol dari ikan arwana jenis ini adalah warna oranye dari siripnya dan ekor yang kekuning-kuningan. Harga ikan Arwana Banjar Red ini bisa dimulai dari 2 jutaan.

arwana golden red

2. Ikan Red Tail Golden Arwana

Ikan osteoglossidae yang berasal dari Indonesia berikutnya ialah ikan Red Tail Golden Arwana yang juga dikenal dengan nama ikan Golden Red Arwana yang berasal dari daerah Riau, Pekan Baru dan beberapa daerah di wilayah Sumatra lainnya. Sifat alami yang dimiliki ikan ini adalah agresif sehingga membuat ikan osteoglossidae ini sangat susah untuk ditangkap.

Ciri fisik yang dimiliki jenis ikan arwana Red Tail Golden ini adalah warna hijau, biru hingga keemasan. Postur maksimal yang bisa dijangkaunya mencapai 90 cm seperti ikan Banjar Red Arowana. Harga ikan ini bisa dimulai dari 4,5 juta rupiah.

arwana irian

3. Ikan Jardini Arwana (Arwana Irian)

Ikan Jardini Arwana (Arwana Irian) ini juga dikenal dengan panggilan Arwana Papua atau Arwana Irian (Gulf Saratonga atau Arwana Australia). Namun nama latin sebenarnya dari ikan Jardini Arwana ini adalah Scleropages Jardini yang memang merupakan ikan osteoglossidae yang berasal dari daerah Australia dan Papua. Tampilan dari ikan Jardini ini hampir menyerupai ikan Arwana Asia, namun warna yang dimiliki ikan ini lebih kekuningan dan keemasan namun tidak begitu mencolok dan juga tidak begitu terang.

Ikan Jardini Arwana ini bisa mencapai ukuran tubuh 90 cm dan berat hingga 17 kg. Harga ikan Arwana Jardini ini sekitaran 4 juta rupiah.

arwana super red

4. Ikan Arwana Super Red

Sebenarnya ikan Super Red Arwana ini merupakan jenis arwana yang berasal dari Asia. Warna Arwana jenis ini adalah merah mencolok dan bersifat atraktif dan menjadi salah satu ikan yang difavoritkan oleh kolektor ikan hias. Ikan Super Red Arowana ini banyak ditemukan secara liar di Sungai Kapuas dan berada dekat dengan bagian Kalimantan Barat, Indonesia.

Ikan yang mempunyai nama latin Scleropages Legendrei ini biasanya dihargai mulai dari 2 juta rupiah hingga 48 juta rupiah.

Baca Juga : Ikan Koi

silver arowana

5. Ikan Silver Arowana

Ikan Silver Arowana ini merupakan jenis ikan arwana yang paling banyak dijumpai di negara Indonesia dikarenakan harga ikan yang terjangkau. Ukuran dewasa ikan Silver Arowana ini bisa mencapai 1 m. kemampuan unik yang dimilikinya adalah mampu melompat ke udara dari daerah asalnya (air) untuk mendapatkan makanan dan menangkap mangsa, contohnya serangga.

Ciri fisik dari ikan Arwana Silver ini adalah bentuk tubuhnya dan juga siripnya yang panjang dengan warna silver di seluruh tubuh ikan. Tentu saja itu yang membuatnya disebut sebagai Silver Arowana. Harga penawaran ikan ini dimulai dari 2 juta rupiah.

super red arowana

Itulah jenis-jenis dari ikan ini dan juga kisaran harganya. Tampilan dari Arwana memang sangat unik dan indah sehingga tidak heran kisaran harga yang bisa dicapainya sangatlah tinggi. Bagi kolektor ikan hias yang mungkin mempunyai ketertarikan untuk mengadopsi dan membawanya pulang untuk di taruh di akuarium rumah Anda, sebenarnya tidak sulit dalam melakukan perawatannya.

Hanya saja ikan jenis ini membutuhkan lingkungan dan juga asupan makanan yang diperhatikan dengan baik. ikan ini mempunyai banyak jenis dan juga keunikannya masing-masing dan cara perawatan yang berbeda pula. Sehingga pecinta jenis ikan arwana harus memperhatikan dengan betul informasi mengenai hal yang berkaitan dengan ikan ini.

Bagikan Artikel Ini :

Satu pemikiran pada “Ikan Arwana”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Ayam Kate

Ayam Kate dipelihara tidak untuk dimakan, tapi ayam hiasan atau...

Close