Harga Ayam Broiler

Harga Ayam Broiler saat ini memang semakin meroket. Hal ini bukanlah tanpa sebab, karena kebutuhan akan daging ayam terus meningkat seiring meningkatnya populasi penduduk. Sedangkan pemasokannya tidak sebanding dengan kebutuhannya.

Ayam broiler memiliki sejarah yang cukup panjang (lihat sejarah ayam ini dari waktu ke waktu). Ayam broiler merupakan jenis ayam pedaging yang diternakkan untuk diambil dagingnya. Ayam ini memiliki daging yang bertekstur lembut  dan sangat empuk sehingga sangat mudah diolah. Ayam broiler cukup berbeda dengan ayam kampung ataupun ayam buras. Dimana ayam tersebut merupakan jenis ayam yang diternakan secara industrial.

ayam broiler

1. Cara Memilih Ayam Broiler

Cara memilih ayam yang satu ini terbilang cukup mudah, yaitu pastikan anda langsung membelinya dari peternak. Dengan begitu anda dapat memperoleh ayam yang sehat dan tentunya dengan kualitas daging yang masih segar. Warna daging ayam yang masih segar adalah memiliki warna kulit putih cerah serta sedikit kekuningan.

Jika warna kulitnya terlalu pucat atau pun memiliki kulit dengan warna kebiruan maka sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli daging ayam tersebut karena bisa jadi daging ayamnya kurang berkualitas. Selain itu pilihlah daging ayam yang tidak memiliki bau menyengat dan hindari daging yang berbau aneh terlebih jika berbau busuk.

harga ayam broiler

2. Harga Ayam Broiler

Harga ayam broiler berbeda setiap harinya, dan tentunya berbeda pula setiap harinya. Harga dari ayam dipengaruhi dari kualitas ayam dan juga ukuran dari ayam tersebut. Selain itu harga ayam ini juga dipengaruhi oleh lokasi penjualan ayam tersebut.

Harga ayam broiler hari ini bisa jadi lebih murah dibandingkan harga daging ayam broiler kemarin, ataupun sebaliknya. Seperti yang telah kita sebutkan, semakin berat bobot dari ayam tentunya akan semakin tinggi harga ayam tersebut. Namun secara keseluruhan harga ayam setiap harinya terbilang cukup murah terlebih jika anda membelinya pada saat masa panen.

Untuk memastikan harga broiler hari ini anda dapat langsung mengunjungi peternakan ayam terdekat ataupun mengunjungi tempat yang menjual daging ayam pedaging ini. Informasi mengenai harga ayam broiler memang cukup penting, karena dengan mengetahuinya anda tidak akan tertipu pada saat membeli daging ayam broiler.

3. Cara Pembudidayaan Ayam Broiler

Dikarenakan kebutuhan akan daging ayam terus meningkat setiap harinya dan harga ayam broiler hari ini dan besok yang tidak menentu, menjadikan peluang usaha ayam pedaging menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Agar proses pembudidayaan ayam ini mendapat hasil panen yang optimal, tentunya anda harus mengetahui cara pembudidayaan yang tepat.

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan saat ingin membudidayakan ayam broiler, diantaranya:

kandang ayam broiler

a. Pemilihan Lokasi Kandang

Kandang merupakan sarana yang wajib saat anda ingin membudidayakan ayam. Pastikan lokasi kandang mudah dijangkau dan jauh dari kebisingan. Karena ayam ini mudah stress dan anti bising. Kondisi lingkungan yang bising membuat ayam stress sehingga perkembangannya tidak maksimal dan mudah mati.

b. Pemilihan Bibit

Berhasil tidaknya proses pembudidayaan yang anda jalani juga dipengaruhi dari cara anda memilih bibit ayam. Pemilihan bibit yang berkualitas tentunya membuat tingkat keberhasilan semakin tinggi. begitu pula sebaliknya dimana hasil yang anda peroleh kelak tidak maksimal ketika bibit dasarnya tidak berkualitas.

Pastikan bibit yang Anda peroleh merupakan bibit yang aktif bergerak, sehat dan tidak cacat. Pilihlah bibit yang memiliki tubuh yang berisi dan memiliki bulu yang mengkilap alias tidak kusam. Perhatikan daerah sekitar anusnya, bibit yang sehat senantiasa memiliki anus yang bersih dan mata yang tajam.

c. Pemberian Pakan

Anda harus memahami tatacara pemberian pakan untuk ayam pedaging ini. Setiap harinya nutrisi harus terpenuhi agar Anda dapat memanen ayam dengan bobot dan kualitas terbaik. Perlu Anda ketahui pemberian pakan untuk ayam ini menggunakan sistem adlibitum yaitu makanan selalu tersedia tanpa batas. Pakannya dapat berupa pelet dan crumbles.

d. Cara Pemeliharaan

Rangkaian proses pemeliharaan ayam ini adalah pada minggu pertama bibit di inkubator, minggu kedua juga masih di inkubator dengan suhu yang lebih rendah. Kemudian minggu ketiga proses inkubator di hentikan dan pada minggu keempat kebutuhan pakan akan meningkat seiring perkembangan tubuhnya.

Baca Juga : Bisnis Ayam Potong

e. Panen

Proses panen ayam ini dilakukan secara bertahap, dan Anda harus menghindari penumpukan ayam di daerah sudut kandang saat proses penangkapan agar ayam tidak lemas dan mati. Setelah proses panen selesai pastikan Anda melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh.

Anda juga harus mencuci dan melakukan sanitasi hama kandang sebelum memasukkan bibit yang baru. Seperti yang kita ketahui ayam broiler ini memiliki ketahanan tubuh yang rendah, jadi Anda harus menjaga kebersihan kandang dan menjaga agar ayam tidak sampai stress. Karena jika tidak ayam anda akan banyak yang mati. Jika anda memulai budidaya ayam pedaging tentunya Anda harus melek dengan harga ayam broiler.

Bagikan Artikel Ini :

2 pemikiran pada “Harga Ayam Broiler”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Balap Kuda

Balap Kuda - Terlihat hanya untuk kalangan tertentu, pada dasarnya balap...

Close