Cara Ternak Kambing Modern

Di Indonesia, peternakan kambing belum dioptimalkan dengan teknik yang benar. Peternak kambing umumnya hanya mengembangkan usaha berdasarkan cara-cara tradisional.

Bahkan, kebanyakan peternak kambing menjalankan usaha ini sebagai usaha sampingan. Dengan sistim tradisional dan pengetahuan seadanya, ternak kambing belum bisa dikatakan sebagai usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

Hal ini harus menjadi motivasi bagi peternak untuk mengembangkan teknik sehingga usaha dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Peternakan Kambing
Peternakan Kambing

Cara Ternak Kambing dengan Efisiensi Kandang

Beternak kambing harus dilakukan dengan serius karena permintaan untuk daging di Indonesia cukup tinggi. Tingginya permintaan kambing di Indonesia banyak dipengaruhi oleh berbagai usaha kuliner dan masakan khas Indonesia dengan bahan dasar kambing.

Sate kambing tidak pernah kehilangan penggemar. Selain itu, kambing juga merupakan komoditi yang sangat diandalkan untuk industri catering.

Berbagai olahan kambing sangat diminati di Indonesia sebagai makanan yang tergolong mewah. Selain itu, kambing juga merajai pasar ketika Hari Raya Idul Adha tiba.

Beternak kambing secara modern dengan teknik yang benar dapat meningkatkan jumlah produksi dan efisiensi biaya. Hal ini tidak banyak diketahui oleh peternak kambing tradisional.

Para peternak kambing bahkan menghindari teknik modern karena menganggap bahwa beternak tradisional lebih murah.

Hal ini tidak benar karena dengan cara modern, peternakan kambing dapat mengurangi biaya dan waktu untuk budidaya kambing. Teknik modern meliputi tenaga kerja, pakan kambing, dan manajemen pengelolaan.

Peternakan kambing kecil, menengah, dan pengusaha besar dapat menerapkan teknik modern untuk meningkatkan produksi dan efisiensi. Jadi, teknik modern ini dapat dilakukan oleh peternak kambing dari berbagai skala usaha.

Usaha ternak kambing modern akan memberikan berbagai kemudahan karena menerapkan teknologi terkini. Ada pula bebarap inovasi yang dapat membuat proses ternak kambing menjadi semakin menguntungkan.

Pengelolaan Kandang Kambing

Pengelolaan Kandang Ternak Kambing

Kandang kambing adalah sarana yang penting untuk membuat keseluruhan proses beternak menjadi lancar dan sehat. Kandang kambing bisa dikatakan merupakan kebutuhan utama untuk usaha peternakan kambing.

Kandang bukan hanya tempat untuk kambing berlindung dan berteduh dari pemangsa tapi juga merupakan tempat untuk kambing berkembang biak. Untuk itu, penting sekali untuk memperhatikan tempat makan minum, tempat penampungan kotoran, dan juga tempat untuk buang air kencing.

Untuk mempermudah pengelolaan ternak kambing, manajement kandang adalah yang paling penting untuk diperhatikan. Berikut adalah 3 hal penting dalam peningkatan manajemen kandang kambing.

1. Posisi Kandang Kambing

  • Kandang harus berada di tanah yang cukup tinggi dan tidak berpotensi tergenang air.
  • Sinar matahari harus cukup untuk seluruh lokasi kandang; tidak teduh pada pagi hari.
  • Jarak kandang harus cukup jauh dari sumur ataupun rumah.
  • Tidak berada pada lokasi yang mendapat tiupan angin langsung. Pada malam hari, kandang kambing harus aman dari kondisi dingin atau tiupan angin yang kencang.

2. Ukuran kandang kambing

Ukuran Kandang Ternak Kambing Modern

Pada teknik ternak kambing modern, ukuran kandang dapat diperkecil. Efisiensi ukuran kandang dapat menghemat lahan dan juga mengurangi biaya pembuatan kandang.

Kandang kambing modern dapat dibuat hanya dengan ukuran 3×1,5 meter. Ukuran tersebut dapat memuat sekitar 10 ekor kambing. Kandang kambing tidak perlu terlalu besar, tapi harus memiliki fasilitas kebersihan dan tempat pakan yang higienis.

Yang membuat kandang modern berbeda adalah karena posisi tempat pakan yang menghemat ruang. Kandang modern harus dibuat dengan model panggung untuk mempermudah proses pembersihan.

Dengan kandang yang sempit dan banyak kambing, apakah kambing dapat bergerak maksimal?

Ruang gerak adalah hal yang penting untuk kesehatan manusia. Namun demikian, untuk kambing, kurangnya ruang gerak akan memberikan efek yang baik. Kambing akan lebih banyak dalam posisi diam dan tidak banyak aktivitas.

Hal ini dapat membantu peternak untuk menggemukkan kambing lebih cepat. Kambing lebih banyak memiliki cadangan lemak dan daging dengan ukuran kandang yang kecil.

3. Menjaga Kebersihan Kandang Kambing

Cara Ternak Kambing Modern

Dalam peternakan kambing, perawatan kandang kambing adalah kunci untuk membuat kambing semakin sehat dan gemuk.

Seluruh bagian kandang harus dibersihkan secara rutin. Peternak kambing harus memperhatikan kebersihan kandang kambing dimulai dari lantai kandang.

Lantai kandang biasanya akan lembab dan penuh dengan kotoran kambing. Peternak harus selalu membuat lantai kering dan bersih.

Tempat pakan dan minuman juga harus selalu dijaga kebersihannya. Apabila terjadi kerusakan pada kandang kambing, peternak kambing harus segera memperbaikinya.

Kandang kambing harus dibuat dengan desain panggung untuk mengoptimalkan fungsinya. Antara lain, kebersihan kandang dapat lebih terjaga. Kotoran dan kencing kambing akan langsung jatuh ke bagian bawah kandang yang tidak menempel pada lantai kandang.

Ketika kandang kering dan bersih, jamur dan parasite tidak mudah hinggap di badan kambing. Jika lokasi kandang berada di lingkungan liar, kandang panggung dapat melindungi ternak dari hewan pemangsa.

Peternakan kambing dengan jenis kambing apapun akan lebih optimal jika bibit kambing dipilih dari bibit yang unggul. Ternak kambing etawa ataupun ternak kambing biasa, bibit unggul sangat menentukan kecepatan proses penggemukan kambing.

Ternak kambing etawa ataupun ternak kambing biasa hendaknya memilih bibit yang berumur lebih dari 6 bulan. Selain itu, Anda harus memilih kambing dengan ekor yang gemuk untuk penanda kambing yang sehat.

Beberapa kambing memiliki ekor berbentuk seperti cambuk. Kambing jenis seperti itu kurang sehat dan tidak bisa menjadi gemuk seperti kambing dengan ekor berisi. Kambing dengan badan panjang lebih diutamakan karena berpotensi sehat.

Kambing jantan lebih direkomendasikan untuk peternakan kambing yang akan dijual untuk konsumsi. Selain itu, kambing juga harus tegap dan sehat.

Tinggalkan komentar