Cara Ternak Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik – Di antara banyak peluang usaha, cara ternak jangkrik telah memberikan ide usaha bagi pelaku usaha pakan burung. Di masa lalu, jangkrik dicari secara manual oleh para pemburu untuk kemudian dijual dan dijadikan pakan ternak. Namun demikian, usaha tersebut dinilai tidak efisien. Harga jangkrik merangkak naik, selain itu, populasi jangkrik alam di alam bebas juga semakin sedikit. Oleh karena itu, usaha ternak jangkrik adalah lahan yang potensial bagi pelaku usaha pakan ternak.

Saat ini, trend burung kicauan dan burung hias semakin marak. Acara gantangan dan kontes sering diadakan untuk memberi wadah bagi sesama pecinta burung. Para penggemar burung tidak segan mengeluarkan kocek lebih untuk membuat burung peliharaan mereka menjadi semakin fit dan berkualitas. Jika Anda juga adalah penggemar burung berkicau, Anda tentu tahu bahwa perputaran uang di kalangan penggemar burung tidaklah sedikit.

Harga burung kicauan yang berkualitas juga mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Demi merawat burung berkicau dengan baik, Anda harus menjaga kebersihan kandang dan juga jenis makananannya. Salah satu makanan yang harus Anda sediakan adalah jangkrik. Dengan permintaan jangkrik yang tinggi, penjual pakan burung kini harus mengembangkan budi daya jangkrik atau cara ternak jangkrik.

gambar jangkrik

Anda juga dapat mencoba peruntungan dengan mengelelola usaha cara ternak jangkrik. Anda tidak perlu memiliki modal usaha yang besar untuk memulai bisnis ini. Yang terpenting adalah tekad dan keuletan. Selain itu, Anda harus mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk memulai usaha atau cara ternak jangkrik.

Cara Beternak Jangkrik

Cara ternak jangkrik adalah sebagai berikut :

kandang jangkrik detail ukuran

1. Persiapan Kandang Jangkrik

Kandang jangkrik berbeda artinya dengan box jangkrik yang umumnya kecil dan mudah dibawa. Ukuran yang bisa Anda gunakan adalah kotak berukuran panjang 240 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 60 cm. Perlu diingat bahwa kotak untuk beternak jangkrik harus memiliki kaki. Tinggi kaki yang disarankan adalah 20 cm. Ada baiknya Anda memiliki penerangan yang baik untuk memberikan suhu hangat. Selain itu, budidaya jangkrik akan lebih baik dengan lain cor yang bersuhu hangat.

kandang jangkrik

Langkah-langkah untuk membuat kadang jangkrik harus selalu diperhatikan. Kaki kandang harus juga direndam di dalam kaleng berisi air, minyak tanah, atau minyak pelumas. Hal ini dimaksudkan agar kandang aman dari serangan semut. Anda harus selalu memeriksa apakah isi kaleng tetap ada sehingga kadang jangkrik tetap dalam keadaan aman.

2. Cara Budidaya Jangkrik

Setelah kandang siap, Anda perlu juga untuk menyiapkan tempat pembesaran jangkrik. Media yang digunakan adalah bekas tray atau alas telur. Untuk memberikan tempat jangkrik tumbuh dan berkembang biak, tempat telur harus ditata secara bolak-bolak. Ruangan yang kosong di antara kotak akan menjadi media yang baik untuk budidaya atau cara ternak jangkrik.

3. Persiapan Bibit Jangkrik

Jika kandang dan media budidaya jangkrik sudah siap, Anda harus segera menyiapkan bibit jangkrik. Bibit jangkrik dapat dengan mudah didapatkan di pasar pakan burung. Harga bibit jangkrik berkisar antara 200.000 rupiah-300.000 rupiah. Harga bibit jangkrik sering berubah sesuai dengan permintaan pasar. Selain itu, siklus hidup jangkrik sangat sulit diprediksi. Seringkali pada musim-musim tertentu, jangkrik tiba-tiba mati dalam jumlah besar sehingga harganya melonjak.

telur jangkrik

Cara Menetaskan Telur Jangkrik

1. Cara menetaskan telur jangkrik perlu dilakukan dengan sangat hati-hati

Telur jangkrik dapat segera menetas dalam waktu 7-10 hari setelah perkawinan. Jika anda membudidayakan jangkrik secara alami dengan mengawinkan indukan jangkrik, Anda harus memisahkan telur dengan indukannya untuk menghindar kerusakan. Setelah telur menetas, Anda harus memasukan jangkrik ke dalam kain untuk menjaga suhunya.

ternak jangkrik

2. Jangkrik yang baru menetas usia 1-10 hari harus mendapatkan nutrisi yang tepat

Pakan voor sangat disarankan untuk jangkrik yang baru menetas. Voor adalah pakan yang terbuat dari campuran kacang kedelai, beras merah, dan jagung yang telah diproses. Setelah membesar seusia lebih dari 10 hari, Anda dapat memberikan pakan jangkrik pada umumnya seperti sayur atau jagung muda.

3. Merawat kandang jangkrik adalah langkah yang sangat penting sebelum saat panen tiba

Anda harus terus memperhatikan kebersihan kandang jangkrik dengan pembersihan rutin. Selain itu, Anda harus memastikan pakan jangkrik selalu tersedia. Anda harus memastikan pula bahwa sisa makanan jangkrik tidak membusuk di dalam kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Kelinci

budidaya jangkrik

4. Anda dapat memanen usaha budidaya jangkrik dalam waktu sebulan atau lebih

Selain jangkrik yang telah dewasa, Anda dapat juga memanen telur-telur jangkrik dari perkawinan jangkrik dalam kandang. Keuntungan Anda dapat berlipat karena umumnya harga telur jangkrik lebih mahal dibandingkan dengan jangkrik dewasa.

Cara budidaya jangkrik atau cara ternak jangkrik dapat berbeda-beda. Namun demikian, cara ternak jangkrik akan berhasil apabila Anda melakukan semua langkahnya dengan sabar dan benar. Ternak jangkrik dapat menjadi peluang usaha yang potensial apabila Anda memiliki ketekunan dan tekad yang kuat.

Bagikan Artikel Ini :

Satu pemikiran pada “Cara Ternak Jangkrik”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Ayam Bangkok Super

Ayam Bangkok Super Para istri sering mempertanyakan mengapa para suami...

Close