Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci  – Beternak kelinci dengan benar merupakan hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Nah, untuk Anda yang sangat ingin sukses dalam beternak kelinci, maka simaklah ulasan berikut ini.

Pemilihan Tempat Ternak

Untuk Anda yang ingin beternak kelinci, maka sebaiknya carilah lokasi yang baik dan strategis. Tempat yang strategis dan baik untuk dijadikan sebagai lokasi budidaya kelinci meliputi :

1. Jauh dari tempat kediaman

Dengan begitu tidak akan mengganggu orang lain.

2. Dekat dengan sumber air

Hal ini bertujuan supaya dalam proses pembersihan tempat serta untuk minumnya akan lebih mudah dilakukan.

3. Tempat jauh dari yang berbahaya

Pemilihan tempat ternak kelinci haruslah jauh dari predator yang bisa mengancam keselamatan budidaya kelinci yang anda lakukan.

4. Bebas dari asap maupun hal lainnya

Tujuannya adalah agar sistem pernapasan kelinci bisa terjaga dengan baik.

5. Lokasi yang jauh dari keramaian

Ketika tempat ternak kelinci jauh dari keramaian, tentunya kelinci akan merasa tenang.

Modal

Modal memang sangat dibutuhkan. Tanpa modal, pastinya budidaya kelinci yang dilakukan tidak akan berjalan lancar. Untuk itu, persiapkanlah modal terlebih dahulu supaya kedepannya usaha yang Anda lakukan bisa lancar. Modal tidak hanya berupa uang saja, namun, memiliki 1 ekor kelinci saja juga dikatakan sebagai modal.

Persiapkan Kandang

Cara beternak kelinci selanjutnya adalah mempersiapkan kandangnya. Jangan sampai Anda membuat kandang yang jelek karena akan membuat kelinci merasa tidak nyaman ketika berada di dalam kandang.

Anda, sebagai peternak kelinci, sebaiknya buatlah kandang yang memang layak ditempati oleh kelinci. Jangan lupa untuk menambahkan tempat minum, tempat pakan, dan sebagainya di dalam kandang tersebut.

Buatlah kandang baik itu untuk kelinci dewasa, yang masih anak-anak, hingga kelinci yang khusus untuk pembibitan. Jika Anda telah membuat kandang seperti ini, maka anda hanya perlu memikirkan hal yang lainnya saja.

Pemilihan Bibit Kelinci

Foto Kelinci Lucu

Karena kelinci memiliki banyak jenisnya, maka alangkah baiknya jika anda mengetahui informasi mengenai kelinci yang jenis seperti apa yang akan Anda jadikan sebagai ternak. Karena ada sebagian pembudidaya kelinci melakukan ternak kelinci untuk diambil dagingnya.

Untuk itu, jangan salah dalam memilih kelinci yang ingin Anda ternakkan. Pilihlah dari sekarang bibit kelinci terbaik dan berkualitas supaya hasilnya bisa maksimal.

Perawatan Kelinci

Tentunya masalah perawatan ternak sangat penting untuk anda ketahui. Jika tidak dipelihara dan tidak mengetahui bagaimana cara merawat kelinci dengan baik, pastinya usaha yang Anda jalankan tidak akan berkembang dan sukses besar kedepannya.

Untuk itu, sebagai peternak kelinci, rawatlah kelinci dengan baik dan benar setiap harinya agar kelinci bisa bersih dan sehat.

Memberi Makan

Hewan Kelinci

Dalam memberi makan kepada kelinci, maka jangan lupa untuk memberinya pakan sesuai dengan aturan. Sangat dianjurkan untuk memberi pakan kepada kelinci dalam sehari sebanyak dua kali antara pagi, dan sore hari. Sehingga, kelinci yang Anda ternakkan bisa berkembang lebih cepat.

Sanitasi

Lingkungan juga harus terhindar dari yang basah. Jika tidak, maka akan mengganggu kenyamanan si kelinci. Maka dari itu, buatlah kandang kelinci dengan benar-benar kering. Jangan lupa untuk selalu membuang kotoran kelinci yang ada disekitarnya supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Jenis Makanan

Jenis makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kelinci. Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan kepada kelinci seperti sayuran, rumput, dan sebagainya. Dalam pemberian makanan kelinci, sebaiknya berilah makanan yang berbeda-beda setiap harinya seperti pada pagi hari berilah sayuran, dan ketika sore hari berilah rumput.

Pemberian Obat

Tahukah Anda bahwa kelinci juga sangat membutuhkan obat, sama halnya seperti hewan lainnya. Kelinci sangat membutuhkan obat anti penyakit atau vitamin. Maka, anda sebagai peternak sangat dianjurkan untuk memberikan obat dalam sebulan minimal sekali.

Pengontrolan Penyakit

Sebenarnya kelinci merupakan hewan yang tidak berbeda dengan domba. Hal ini dikarenakan kelinci juga sangat membutuhkan pengontrolan secara khusus supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sebaiknya, pengontrolan penyakit dilakukan sebulan sekali supaya tidak mudah terjangkit oleh penyakit.Karena jika tidak dikontrol dengan baik oleh dokter hewan, ketika sudah terserang penyakit tentunya anda akan menjadi kerepotan.

Baca Juga : Kelinci Anggora

Proses Perk4winan

Ternak Kelinci

Dalam membangun usaha pembudidayaan kelinci, maka langkah yang satu ini bisa menjadi hal terbaik untuk anda lakukan. Dengan melakukan proses perk4winan, maka hal ini merupakan salah satu cara supaya kelinci yang diternakkan bisa menjadi lebih banyak, dan dapat dijadikan sebagai modal utama untuk mengembangkan usaha pembudidayaan kelinci yang anda lakukan.

Apakah Anda sangat tertarik untuk beternak kelinci?

Jika iya, maka Anda harus mengetahui berbagai cara yang telah dipaparkan di atas. Dengan begitu, keberhasilan akan Anda dapatkan dengan mudah ketika mengetahui bagaimana cara ternak kelinci.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat !

Bagikan Artikel Ini :

7 pemikiran pada “Cara Merawat Kelinci”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Ternak Bebek Petelur

Ternak Bebek Petelur - Secara tradisional biasanya bebek petelur di budidaya di lahan luas,...

Close