Burung Hantu

Burung hantu mungkin bukanlah jenis burung yang umum untuk dipelihara. Akan tetapi, Anda harus melihat lebih dekat tentang burung hantu untuk melihat betapa eksotik dan mempesonanya burung ini. Burung hantu sebenarnya bukan burung yang identik dengan hal-hal yang sifatnya gaib atau superstition.

Burung hantu disebut demikian hanya karena burung ini sering keluar dan bersuara pada malam hari. Hal itu terjadi karena burung hantu adalah sejenis burung nocturnal yang memang beraktivitas pada malam hari. Burung hantu merupakan kelompok burung yang masuk ke ordo Strigiformes.

Burung ini termasuk karnivora dan memiliki ratusan spesies. Burung jenis ini memiliki habitat hampir di seluruh penjuru dunia.

Di Greenland yang bersuhu sangat dingin, burung ini bahkan ditemukan. Namun demikian, belum pernah dilaporkan ada burung hantu hidup di Antartika karena suhunya yang terlalu dingin.

Burung Hantu Sebagai Hewan Peliharaan

Burung Hantu

Burung hantu disebut dengan Manuk Dares dalam Bahasa Jawa, adalah burung dengan bentuk tubuh dan karakter yang sangat unik.

Burung ini memiliki wajah yang tenang dan sangat menarik. Tahukah Anda bahwa leher burung hantu bisa berputar 180 derajat? Menarik bukan?

Memelihara burung hantu sebagai hewan peliharaan adalah pilihan menarik. Anda kini bisa mendapatkan burung hantu dengan mudah karena burung ini dijual di banyak pasar hewan peliharaan. Selain itu, perawatannyapun tidak sulit untuk dilakukan.

Burung ini  memiliki mata yang bulat dan berukuran besar. Mata burung ini menghadap ke depan sehingga wajahnya tampak unik dan beda dibandingkan burung peliharan lainnya.

Paruh burung ini bengkok, kuat, dan tajam sesuai dengan karakternya sebagai karnivora. Jika dilihat lebih dekat, paruh burung hantu tampak mirip dengan paruh burung elang.

Burung hantu memiliki susunan bulu yang sangat unik. Bulu-bulu burung ini berbentuk melingkar membentuk wajah. Inilah ciri khas burung Dares yang juga sangat menarik.

Bulu burung ini memiliki warna coklat dengan gradasi abu-abu dan hitam yang gagah. Namun demikian, ada spesies yang berwarna putih bersih.

Burung ini adalah jenis burung yang tenang dan sulit untuk ditemukan di alam liar. Pada siang hari, umumnya burung sedang beristirahat. Sedangkan pada malam hari, burung sering hanya diam dan bersembunyi di celah-celah pohon ataupun dedaunan. Bahkan, burung ini pandai melakukan kamuflase.

Burung hantu memiliki ekor yang pendek dan sayap yang lebar. Ketika direntangkan, sayap burung ini mencapai 3 kali panjang tubuhnya.

Tetapi, sulit untuk memantau burung ini ketika terbang karena aktivitasnya lebih banyak hanya bertengger di atas pohon. Jadi, burung ini akan menjadi burung peliharaan.

 Jual Burung Hantu

Ada banyak penjual burung hantu bisa Anda hubungi melalui ecommerce. Anda juga bisa menemukan burung hantu yang dijual sebagai hewan peliharaan di pasar-pasar burung.

Berikut adalah beberapa jenis burung hantu yang umum dipilih untuk dipelihara.

1. Burung Hantu Pere David

Burung jenis ini termasuk ke dalam keluarga Strigidae. Burung hantu ini jarang ditemui di Indonesia. Terkenal dengan imagenya yang buruk sebagai pembawa sial, burung ini merupakan jenis burung yang cukup mahal karena merupakan burung yang melegenda sejak pada jaman Romawi Kuno.

2. Burung Hantu Elang Andaman

Burung jenis ini masuk ke dalam burung hantu sejati atau family Strigidae. Adapun genus dari burung ini adalah Ninox yang berasal dari satu pulau di India.

3. Burung Hantu Kelabu Besar

Berwajah menyeramkan dan berbadan sangat besar, burung ini sering disebut dengan nama Strix Nebulosa. Sejarah mencatat bahwa burung ini adalah burung hantu yang dideskripsikan oleh Johann Reinhold Forster ketika melakukan perjalanan keliling dunia bersama James Cook pada tahun 1772.

Burung ini mendapatkan nama Nebulosa yang diambil dari kata Nebulosus yang artinya berkabut. Karena ciri fisiknya yang gagah, berwibawa, dan misterius, burung ini mendapatkan julukan the Great Gray Ghost dan dipilih menjadi lambang Provinsi Manitoba di Kanada.

4. Burung Hantu Serak Jawa

Burung hantu Serak Jawa terkenal juga dengan nama Tyto Alba. Burung jenis ini memiliki warna bulu putih dan tinggi badan sekitar 34 cm. Wajah burung hantu jenis ini memiliki bentuk hati. Mata burung menghadap ke depan dan bulunya sangat halus.

Burung ini mudah dikenali karena bulunya yang halus dan tepian wajah berwarna coklat. Pada punggungnya, ada sebagain bulu yang mengkilat. Sedangkan di bagian bawah sayapnya ada warna putih dengan bercak hitam yang membuat burung jenis ini semakin indah.

5. Burung Hantu Celepuk Reban

Celepuk Reban adalah speses yang tersebar di Asia bagian selatan. Oleh karena itu, burung hantu jenis ini banyak ditemukan di Indonesia khususnya Jawa. Jenis yang ini tubuhnya kecil dan lucu. Burung Celepuk Reban akan menjadi pilihan yang manis untuk dipelihara.

Harga Burung Hantu

Harga burung hantu bervariasi tergantung jenis, kelangkaan, dan juga ukurannya. Corak bulu dan bentuk wajah burung ini juga menentukan harganya. Ada beberapa jenis yang dijual dengan harga super tinggi.

Namun demikian, ada pula yang dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut adalah kisaran harga burung hantu peliharaan yang umum di pasaran.

Burung hantu Celepuk: Burung ini mudah didapatkan sehingga harganyapun terjangkau. Anda bisa membawa pulang burung ini dengan harga sekitar 70 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah saja.

Burung hantu Tyto Alba: Burung ini bisa membantu petani menjaga lahan pertanian dari hama. Tetapi, burung ini juga sangat cocok untuk peliharaan karena warna bulunya yang putih dan indah. Anda bisa membelinya dengan harga mulai 80 ribu rupiah.

Burung hantu Bubo: Burung ini memiliki ukurang yang sangat besar yakni dengan tinggi sekitar 50 cm. Oleh karena itu, burung ini dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni sekitar 1 juta rupiah.

Memilih burung hantu sebagai hewan peliharaan bukan sesuatu yang taboo. Burung ini akan menjadi peliharaan yang unik dan menyenangkan.

Cara merawat burung hantu tidak jauh berbeda dengan burung peliharaan lain. Anda hanya harus memberikan tempat yang bersih dan makanan yang sehat untuk burung hantu kesayangan Anda.

Tinggalkan komentar