Budidaya Ikan Gurame

Budidaya ikan gurame berikut ini tentunya bisa anda lakukan untuk anda yang sangat ingin sekali membudidaya ikan gurame. Untuk itu, langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Lokasi Budidaya

Langkah pertama yang sangat penting untuk Anda ketahui adalah pemilihan lokasi untuk kelangsungan hidup ikan gurame. Memang, pada dasarnya ikan gurame merupakan ikan yang dapat hidup pada habitat air tawar manapun.

Namun, demi kesehatan ikan gurame, maka lokasi sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan ikan gurame kedepannya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk memilih lahan yang baik adalah:

  • Terdapat oksigen yang memadai dalam tanah
  • Jenis tanah yang terdapat kandungan pasir dan sedikit liat
  • Memiliki suhu maksimal 28 derajat celsius
  • Memiliki ketinggian air 200 hingga 500 mdpl dalam sebuah kolam

Kolam Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame

Cara budidaya ikan gurame yang harus diketahui selanjutnya adalah kolam yang cocok untuk budidaya ikan gurame. Jika Anda mengawali budidaya ikan gurame dari induk, kemudian bertelur, hingga menjadi bibit, maka hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Kolam induk

    Kolam yang berfungsi sebagai tempat perawatan induk dari ikan gurame serta menjaga telur yang ada di dalam perutnya.

  • Kolam pemijahan

    Jika induk gurame dipastikan akan mengeluarkan telurnya, maka telurnya harus dipisahkan di kolam pemijahan.

  • Kolam pemeliharaan bibit

    Semua telur akan dikembangkan untuk dijadikan sebagai bibit.

  • Kolam pembesaran bibit

    Berfungsi dalam membesarkan benih ikan yang masih kecil supaya bibit menjadi besar.

Menebarkan Benih Ikan Gurame

Jika kolamnya sudah dibuat, maka Anda sudah siap untuk menebarkan ikan gurame ke dalam kolam. Namun sebelumnya, Anda tidak boleh asal-asalan dalam menebarkan benih ikan gurame ke dalam kolam.

Tentunya Anda harus memperhatikan dengan baik bagaimana cara yang benar dalam melepaskan benih ikan gurame. Caranya adalah masukkan benih ke dalam plastik berisi air, selanjutnya berikan oksigen. Jika sudah, angkat plastik dan masukkan benih ikan gurame ke dalam kolam secara perlahan.

Perawatan Ikan Gurame

Jika benih ikan gurame sudah disebarkan ke dalam kolam, maka Anda harus bisa bagaimana cara budidaya ikan gurame ini dengan baik dan benar. Cara merawatnya adalah Anda harus memberikan protein, dan jangan lupa untuk selalu menjaga makanan hingga air kolamnya.

Memang, dalam perawatan ikan gurame yang dilakukan akan sedikit susah, terlebih lagi benih yang masih kecil. Maka dari itu, Anda harus bisa memperhatikannya sebaik mungkin agar ikan yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan layak untuk dikonsumsi.

Pemberian Makan Ikan Gurame

Pemberian makan untuk ikan gurame tentunya sangat penting dilakukan. Selain memberikan pakan ikan setiap harinya, dedaunan juga merupakan makanan tambahan yang sangat bagus diberikan untuk ikan gurame. Adapun daun yang baik diberikan diantaranya adalah:

  • Daun kangkung
  • Daun ubi
  • Tauge
  • Daun talas
  • Daun pepaya

Selain itu, makanan tambahan lainnya yang juga bisa diberikan kepada ikan gurame yang juga digunakan sebagai sumber proteinnya, maka Anda dapat memberikan:

  • Ampas tahu
  • Jagung
  • Dedak
  • dan Oncom

Beberapa list yang telah dipaparkan di atas adalah makanan tambahan yang perlu untuk Anda berikan kepada ikan gurame yang sedang dipelihara. Hal ini dikarenakan benih ikan gurame yang masih kecil sangat memerlukan protein supaya membantu pertumbuhannya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Serangan hama atau penyakit pada ikan gurame tentunya akan mengakibatkan proses produksi ikan menjadi menurun. Sehingga yang harus dilakukan adalah melakukan pencegahan dan pengobatan.

Sangat penting untuk mengetahui berbagai gejala ikan gurame yang sakit, sehingga tidak menular ke ikan lain yang sehat. Hal yang harus diperhatikan agar ikan gurame tidak terkena hama dan penyakit adalah mengetahui organisme yang menyebabkan penyakit, hingga gangguan fisiknya.

Baca Juga : Budidaya Belut

Panen Ikan Gurame

Ternak Gurame

Jika sudah beberapa bulan menunggu serta menempuh proses yang begitu lama, maka saatnya Anda memanen ikan gurame. Pastinya dalam memanen ikan gurame memang harus melalui beberapa tahap. Ketika Anda memelihara ikan gurame di dalam kolam, akan lebih mudah jika Anda dapat menguras air terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga dapat langsung menyeroknya dengan menggunakan jaring. Namun, jika Anda memelihara ikan gurame di dalam terpal, maka yang harus Anda lakukan adalah menguras atau membuang airnya saja. Barulah selanjutnya Anda bisa mengangkat terpal supaya ikan bisa terkumpul semuanya.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai langkah yang telah dipaparkan di atas, kemungkinan besar usaha budidaya ikan gurame ini akan sukses besar dengan kisaran harga ikan gurame yang sangat menjanjikan untuk Anda jual.

Dengan ketekunan dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, pastinya bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda kembangkan bagaimana cara ternak ikan gurame.

Semoga tulisan ini bermanfaat !

Bagikan Artikel Ini :

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci  - Beternak kelinci dengan benar merupakan hal yang...

Close