Balap Kuda

Balap Kuda – Terlihat hanya untuk kalangan tertentu, pada dasarnya balap kuda menarik untuk disaksikan oleh siapa saja. Melihat kuda-kuda gagah dan berotot saling mengejar menjadi yang pertama tiba di garis finish, tidak hanya menarik namun juga menegangkan. Sensasinya akan bertambah saat mendapati kuda jagoan Anda menjadi pemenangnya.

Dibalik keseruan tersebut, tahukah Anda jika ada teknik perawatan tersendiri untuk menghasilkan kuda balap yang kuat dalam pacuan tersebut. Tidak semua orang dapat melakukan teknik perawatan ini, mengingat ada beberapa detail yang tidak sembarang orang tahu. Jika Anda memiliki ketertarikan untuk memeliharanya, pastikan tahu cara merawat kuda dengan tepat seperti di bawah ini:

gambar kuda

1. Menyiapkan Makanan dan Kandang Terbaik

Seperti hewan lainnya yang sengaja dipelihara, kuda juga membutuhkan makanan hingga tempat tinggal yang layak. Tidak hanya layak, namun makanan kuda balap dan tempat tinggalnya juga harus dipastikan terbaik sehingga tercipta kondisi yang nyaman untuk kuda. Untuk tempat tinggal, pastikan tempatnya harus kering, bersih, nyaman dan teduh untuk menghindari panas juga hujan.

Alas tidur seringkali diremehkan padahal sangat penting diperhatikan. Kuda memang lebih sering tidur sambil berdiri. Namun Anda perlu tahu jika kuda merasa lebih nyaman saat berbaring. Sediakan alas tidur berupa jerami kering atau serutan kayu kering yang bersih, sehingga kuda dapat tidur dengan nyenyak. Alas tidur harus diganti secara rutin untuk menghindari jamur.

Makanan juga mendukung kesehatan kuda. Tidak hanya cukup namun makanan juga harus memiliki kandungan nutrisi cukup. Di arena balap kuda yang liar, kuda membutuhkan nutrisi lebih banyak, harus diberi makanan terbaik. Mengingat pencernaannya yang kecil, Anda harus menyediakan pakan jerami sebanyak 2 persen dari berat kuda.

Makanan pendukung seperti biji gandum diperlukan sebagai variasi. Hal inilah yang membuat harga kuda cukup mahal. Garam balok juga diperlukan untuk menjaga jumlah elektrolit tubuh. Pastikan kebutuhan airnya cukup sehingga kuda tidak kehausan namun tidak berlebihan. Kebutuhan air minimal 30 liter setiap hari. Pastikan wadah minum bersih sehingga kuda bebas penyakit.

peternakan kuda

2. Teknis Merawat Kuda Terbaik

Pada dasarnya tidak ada teknik perawatan khusus untuk kuda balap. Hanya saja dibanding kuda peliharaan biasa, kuda untuk balapan ini memerlukan perhatian khusus. Mengabaikannya sama saja dengan membunuh kuda Anda. Salah satu teknis perawatan yang sangat penting adalah rutin membuang kotoran pada kandang. Biasanya kotoran kuda mengenai jerami alas tidur.

Sangat dianjurkan melakukan pembersihan kotoran sehari tiga kali untuk memastikan kandang benar-benar bersih. Buang jerami yang terkena kotoran dan ganti dengan yang baru sehingga kuda balap  tetap bersih dan nyaman. Selain itu penting diperhatikan kebersihan badan kuda. Caranya dengan tidak abai terhadap kebersihan bulunya.

Pastikan untuk rutin membersihkan dan menyikat bulu kuda termasuk surai dan ekornya. Gunakan sikat khusus untuk mencegah bulu, surai dan ekor tetap indah mencegah kusut. Jangan lupa untuk memandikan kuda secara rutin terutama saat cuaca hangat. Gunakan shampo kuda terbaik dengan formula anti jamur sehingga bulu kudah tetap bersih bebas penyakit.

Tidak hanya bulunya, namun perhatikan juga bagian surai dan ekor dari kuda. Mencegah surai dan ekor kusut tidak mudah dilakukan. Pastikan selalu mengatasinya secara rutin menggunakan sisir bergigi jarang. Selalu bawa kuda Anda berlatih. Dari mulai sekedar jalan-jalan santai di sekitar kandang hingga melatih dan menguji kekuatannya dalam balap kuda.

kuda arab

3. Memeriksa Kesehatan Kuda

Pada balap kuda, kekuatan dan gesit memang menjadi yang pertama. Namun Anda tidak mungkin memiliki kuda yang kuat dan gesit tanpa tubuhnya sehat terlebih dulu. Tidak berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, kuda juga mudah sakit. Bukan hanya disebabkan kutu, jamur namun juga dapat disebabkan gangguan sakit dari dalam tubuh.

Perawatan kaki kuda balap menjadi salah satu yang tidak boleh diremehkan. Terutama untuk kuda pacu, kaki yang sehat menjadi modal utama dalam menjaga kecepatan lajunya. Pastikan untuk membersihkan kaki terutama memotong kukunya.Untuk kuda bertapal, kukunya perlu dipotong 6 minggu sekali dan tanpa tapal selama 8 minggu sekali.

Selain itu Anda juga harus rutin meratakan gigi kuda (pangur), paling tidak satu tahun sekali. Gigi yang tidak terawat dapat berubah menjadi tajam, melukai mulut dan membuat kuda tidak nafsu makan. Periksa juga kondisi kesehatan mulut kuda. Pastikan tidak ada gangguan apapun seperti lendir berlebihan, muntah, batuk dan sebagainya.

Untuk memastikan kondisi kesehatan kuda balap lebih terjamin, Anda harus mengundang dokter hewan. Mengenai penyakit kuda, dokter hewan tentu paling tahu. Selain memeriksa kesehatan kuda, dokter juga akan memberi vaksin seperti influenza, tetanus hingga vaksin saran tulang belakang. Dengan demikian kuda Anda lebih sehat.

pacu kuda

4. Siaga Keadaan Tidak Terduga

Hampir sama seperti manusia, kuda juga dapat tiba-tiba sakit. Beberapa saat sebelumnya kuda terlihat baik-baik saja, namun tiba-tiba terlihat lesu, malas makan dan lemah. Hal ini dapat terjadi karena virus, bakteri dan penyakit lainnya mudah terbawa udara. Untuk itu Anda harus selalu menyiapkan diri saat ada keadaan tidak terduga.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam dan Perawatannya

Salah satunya dengan membiasakan kuda naik kendaraan trailer khusus. Mengingat harga kuda yang tidak murah, membawanya dengan kendaraan khusus untuk pergi ke dokter hingga ke arena pacu sangat diperlukan. Kendaraan khusus ini dimaksudkan untuk membuat kuda merasa lebih aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

pacuan kuda

Biasakan kuda bertemu orang lain. Jangan hanya Anda, melainkan harus terbiasa dirawat orang lain. Perawatannya menjadi tidak rewel dan melatih terbiasa dengan orang terutama di arena balap kuda. Buat daftar nomor penting yang harus Anda hubungi saat terjadi keadaan darurat semisal kuda sakit, terjadi kebakaran hingga kehilangan.

Pastikan untuk selalu menyimpan daftar nomor tersebut di tempat yang aman. Jauhkan dari anak kecil dan letakkan di tempat semua dapat melihat dan mengaksesnya. Juga terbukalah dengan sesama pemilik kuda pacu dan kuda peliharaan lainnya. Dengan perawatan yang tepat, hewan kesayangan Anda ini akan lebih siap menjadi yang terbaik di arena balap kuda.

Bagikan Artikel Ini :

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Kelinci Anggora

Kelinci anggora mempunyai ciri khas berupa bulu yang lebat dan...

Close