Ayam Bangkok Super

Ayam Bangkok Super

Para istri sering mempertanyakan mengapa para suami senang memelihara burung dan ayam. Faktanya, hewan ternak memberikan tanggungjawab pada para suami untuk selalu di rumah. Suami akan senang berada di rumah hanya untuk memandikan ternak dan menikmati suara burung berkicau. Oleh karena itu, para istri harusnya tidak keberatan jika para suami memiliki hobi memelihara hewan ternak.

Saat ini, ada banyak pilihan hewan peliharaan yang lebih dari sekedar tren. Di kalangan pecinta ayam, ayam bangkok super adalah satunya. Selain ayam bekisar, ayam alas, dan ayam cemani, ayam bangkok juga sangat populer di kalangan pecinta ayam. Meskipun ayam bangkok umumnya dipelihara untuk diadu, tetap banyak penggemar ayam bangkok yang memelihara ayam jenis ini hanya sebagai ayam koleksi. Cara Ternak Ayam Menyenangkan dan Menghasilkan

foto ayam bangkok asli

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Super

1. Struktur Tulang

Untuk mengenal ayam bangkok, penggemar ayam harus mengetahui ciri-ciri ayam bangkok yang berkualitas. Dengan pengetahuan yang cukup, penggemar ayam tidak akan tertipu dalam urusan jual beli ayam bangkok. Ciri pertama yang penting adalah struktur tulang ayam bangkok. Ayam yang berkualitas memiliki struktur tulang yang rapat dan kokoh.

2. Postur Tubuh

Ayam bangkok adalah ayam yang sangat tepat untuk diadu. Hal ini dapat dilihat dari postur tubuh ayam. Ayam bangkok berkualitas memiliki postur tubuh yang tegap. Selain itu, jika Anda memegang keseluruhan bagian tubuh ayam terasa empuk. Postur ayam yang tegap memberikan efek positif untuk ketahanan tubuhnya. Ketika bertarung, postur ayam yang tegap akan membuat ayam semakin tangguh dan tidak mudah menyerah pada lawan.

3. Warna Mata

Ayam bangkok super yang berkualitas memilki warna mata yang sama dengan warna dasar kaki. Jadi, ketika Anda membeli ayam bangkok, Anda harus meneliti untuk memastikan bahwa warna mata ayam tersebut sama dengan warna dasar kaki. Istilah untuk ciri-ciri ini adalah mata tembus. Anda perlu bertanya kepada penjual apakah ayam yang akan Anda beli memiliki warna mata tembus.

4. Bentuk Jengger

Untuk ayam hias biasa, bentuk jengger panjang dan unik dapat menambah penampilan ayam. Namun demikian, jengger ayam pada ayam bangkok tidak harus terlalu indah. Ayam bangkok yang berkualitas umumnya memiliki bentuk jengger yang berbentuk menyerupai blangkon. Perlu pengalaman yang cukup untuk dapat menentukan ayam berkualitas dari bentuk jenggernya.

5. Bentuk Kepala Ayam

Ayam bangkok aduan yang kuat dan berkualitas memiliki kepala berbentuk buah pinang. Selain itu, ukuran kepalanya umumnya besar dan kokoh. Dengan bentuk kepala yang besar dan kuat, ayam akan lebih sering memenangkan pertarungan. Ayam petarung umumnya saling memukul menggunakan kepala. Oleh karena itu, bentuk dan ukuran kepala ayam sangat menentukan kekuatan ayam tersebut.

foto ayam bangkok super

Tips Memelihara Ayam Bangkok Super

Memelihara ayam bangkok aduan relatif lebih sulit dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Penting bagi penggemar ayam aduan untuk memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawat ayam aduan. Bagi penggemar ayam, seekor ayam dapat berarti lebih dari sekedar unggas. Ayam petarung bahkan dijual sampai dengan puluhan juta rupiah karena kualitasnya. Untuk itu, penggemar ayam bangkok harus mengetahui cara memelihara ayam untuk  hasil maksimal.

anak ayam bangkok super

1. Pemeliharaan Awal

Untuk usia-usia awal, Anda harus teliti dan sabar dalam merawat anak ayam. Anak-anak ayam bangkok yang baru menetas harus diletakkan di dalam kotak tersendiri dengan sistim penghangat yang baik. Seiring berjalannya waktu, ketika kotak pertama telah sempit, maka Anda perlu untuk segera mengganti kotak dengan ukuran yang sesuai. Pada fase awal ini, kebersihan kandang adalah faktor yang sangat penting untuk menunjang kesehatan ayam bangkok.

gambar ayam bangkok super usia 6 bulan

2. Perawatan Ayam Usia 6 Bulan

Ketika ayam bangkok telah menginjak usia 6 bulan, Anda sudah harus memberikan kandang individu agar ayam dapat tumbuh dengan maksimal. Selain itu, sangat penting untuk membiarkan ayam bergerak bebas untuk membantu kekuatan tulang-tulangnya. Akan lebih baik apabila Anda menyediakan arena yang cukup untuk ayam bangkok tersebut bermain di tanah dan bahkan bergulung-gulung untuk menguatkan otot dan tulang.

Baca Juga : Ternak Ayam Petelur

3. Perawatan Lanjutan

Sangat penting untuk memberikan vitamin dan nutrisi tambahan pada usia ini. Selain itu, ketika ayam sudah mulai menumbuhkan bulu, Anda harus lebih memperhatikan nutrisi makanannya. Di samping itu, Anda harus rutin memandikan ayam untuk kebersihan fisiknya. Memandikan ayam sebaiknya dilakukan ketika suhu tidak terlalu dingin atau tidak sedang turun hujan. Ayam juga harus dijemur secara rutin untuk membantu membakar lemak yang ada di tubuh ayam.

tarung ayam bangkok

Ayam bangkok petarung juga memerlukan latihan. Petinju akan memiliki kekuatan yang baik dengan jam terbang yang tinggi. Demikian pula dengan ayam bangkok. Tarung ayam bangkok akan banyak dimenangkan ketika ayam banyak melalui proses sparing yang sehat. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dengan baik teknik latihan untuk ayam petarung.

Saran Kami, Anda jangan suka mengadu binatang ya. Jadikan sebagai hobi saja ya, Okey kawan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

Satu pemikiran pada “Ayam Bangkok Super”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Cara Ternak Kroto

Cara Ternak Kroto Di daerah pedesaan, pekerjaan unik masih sering...

Close