Aquascape Mini

Aquascape Mini memang tidak asing lagi di dunia peternakan, terlebih di kalangan para pecinta ikan hias. Meski untuk menjalankan hobi yang satu ini Anda harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, namun hobi merawat aquascape ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Jadi tak heran jika hanya orang-orang yang memiliki jiwa seni saja yang menggemari hobi beternak di aquascape mini.

Banyak orang yang bingung dengan perbedaan antara memelihara ikan hias di dalam aquarium dengan memelihara ikan hias di dalam aquascape. Ya, meski kedua hobi ini memiliki tujuan yang sama yaitu memelihara ikan hias, namun komponen yang menghiasi akuarium berbeda dengan isi aquascape.

aquascape minimalis

Akuarium hanya memfokuskan untuk memelihara ikan hias saja, sehingga isi dari akuarium hanya fauna berupa ikan-ikan hias beserta sedikit aksesoris di dalamnya. Sedangkan aquascape lebih difokuskan untuk memelihara seluruh ekosistem yang ada di dalam akuarium. Mulai dari tanaman air, kayu, karang, pasir, dan lain sebagianya.

Aquascape sangat memperhatikan tatanan isi akuariumnya. Mulai dari tanaman air, cara mendesain kayu, mengatur karang-karang agar terlihat cantik kemudian mengirimnya dengan beberapa fauna kecil seperti keong, udang dan juga ikan hias. Hal ini bertujuan untuk menciptakan keindahan alam di dalam air yang nyata.

Untuk mendapatkan sebuah aquascape yang bagus tentunya membutuhkan biaya yang terbilang cukup tinggi. Harga aquascape bisa mencapai puluhan jutaan rupiah untuk sebuah aquascape ukuran besar. Meski demikian bukan berarti hobi ini hanya bisa dijalankan oleh orang-orang kaya saja. Sebab untuk Anda para pemula Anda dapat membuat sebuah aquascape mini yang sederhana.

aquascape

1. Pengertian Aquascape

Aquascape merupakan sebuah hobi yang difokuskan untuk memelihara serta mengatur ekosistem air dalam sebuah akuarium sehingga mengahasilkan pemandangan lanskap di dalam air yang indah dan menawan. Hobi ini pertama kali diperkenalkan di negara Jepang oleh Takashi Amano pada tahun 1990. Sedangkan di Indonesia sendiri mulai dikenal pada tahun 1993 dan diperkenalkan oleh Pak Beni.

tanaman aquascape

2. Komponen Aquascape

Mendapatkan sebuah pemandangan bawah air yang indah tentunya tidak mudah. Dibutuhkan sebuah teknik dan keterampilan yang handal, sehingga mampu mengatur keseimbangan sistem yang tertutup dari tangki akuarium. Untuk itu anda harus memiliki komponen pentingnya terlebih dahulu.

Setidaknya terdapat 4 faktor yang wajib ada untuk membuat sebuah aquascape sederhana yang indah. 4 faktor tersebut yaitu pencahayaan sebagai pengganti cahaya matahari agar tanaman dapat berfotosintesis. CO2 sebagai makanan untuk tanaman air kemudian pupuk sebagai nutrisi untuk tanaman aquascape serta filterisasi untuk membersihkan kotoran di dalam air dan menjaga kualitas air agar tetap bersih.

Anda juga harus menjaga temperatur air sehingga ekosistem di dalam aquascape tersebut dapat berkembang dengan baik. Jika temperatur dan pH air tidak pas tentunya akan membuat tanaman dan ikan anda mati. Sebaiknya temperatur air berkisar antara 26 hingga 28 celcius, sedangkan untuk pH idealnya 7.

aquascape minimalis batu

3. Jenis Tanamanan dan Ikan Untuk Aquascape

a. Jenis Tanaman Aquascape

Jenis tanaman aquascape mini tentunya haruslah tanaman air yang berukuran kecil, begitu pula untuk jenis fauna yang akan menghuninya. Hal ini bertujuan agar terciptanya sebuah ekosistem air yang sempurna dengan pemandangan yang indah. Semakin lihai Anda memadupadankan jenis tanaman tentunya pemandangan yang dihasilkan akan semakin sempurna.

Beberapa jenis tanaman air yang dapat anda gunakan untuk aquascape mini yaitu anubias dan tanaman moss. Kedua tanaman ini merupakan contoh tanaman aquascape yang mudah dirawat. Sedangkan untuk anda yang memiliki cukup banyak waktu luas Anda dapat mencoba tanaman aquascape di sekitar kita yang sedikit rumit perawatannya.

aquascape sederhana

Untuk menciptakan sebuah landscape aquascape yang indah ada 3 jenis penempatan tanaman yang harus Anda ketahui, yaitu foreground berupa tanaman yang diletakkan pada bagian depan sebagai rumput, midground tanaman ditempatkan di tengah dan background yaitu tanaman diletakkan di sisi belakang.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, aquascape merupakan sebuah perpaduan fauna dan flora yang menghasilkan sebuah kehidupan atau ekosistem air yang indah. Jadi disini juga termasuk ikan hias harus anda perhatikan. Ada beragam jenis ikan yang dapat anda gunakan, mulai dari neon tetra, neon cardinal dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Aquarium

b. Fauna Untuk Aquascape

Tak hanya ikan saja, Anda juga dapat mengisi aquascape mini Anda dengan beragam jenis fauna lainnya, misalnya keong dan udang red cherry. Kedua jenis fauna ini tak hanya sebagai penghias namun juga memiliki fungsi yang cukup efisien pada sebuah aquascape sederhana. Kedua hewan ini sering disebut algae eater yaitu hewan yang bersifat cleaning service.

Nah itulah beberapa hal cara bikin aquascape yang harus Anda ketahui mengenai aquascape mini. Dengan mengetahui dan mengenal lebih detail apa itu aquascape tentunya Anda dapat lebih mudah menciptakan sebuah aquascape minimalis dengan pemandangan yang indah yang menakjubkan.

Bagikan Artikel Ini :

3 pemikiran pada “Aquascape Mini”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini:
Read previous post:
Udang Vaname

Udang Vaname Memulai Budidaya Udang. Siapa yang bisa menolak kelezatan...

Close