Pendidikan

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan kutai karena

Pertanyaan

Asmawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan Kutai karena …

Jawaban

Asmawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan Kutai karena Asmawarman adalah pendiri Kerajaan Kutai dan pembentuk silsilah keluarga atau dinasti Kerajaan Kutai

Pembahasan

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan kutai karena

Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga. Dilihat dari namanya, Kudungga belum terkena pengaruh Hindu.

Nama Kudungga adalah nama asli penduduk setempat. Mungkin sekali beliau adalah seorang kepala adat yang mana sangat berpengaruh.

Kudungga mempunyai putra yang bernama Asmawarman. Ketika Asmawarman naik tahta, beliau dinobatkan sebagai raja dengan budaya Hindu.

Penobatan raja diperkirakan dengan cara vratyastoma, yaitu pengangkatan seorang menjadi kasta yang tinggi (bangsawan).

Raja Aswawarman disebut sebagai wangsakarta, yang bermakna pendiri kerajaan, Maksudnya, yaitu Aswawarman adalah raja yang pertama kalinya membentuk keluarga yang sudah berbudaya India.

Sejak Aswawarman berkuasa di Kutai, budaya Hindu mulai memasuki kalangan keluarga kerajaan dan mempengaruhi corak kebudayaan dan kehidupan masyarakatnya.

Aswawarman mempunyai tiga orang putra, namun putra yang paling terkenal dan terkemuka ialah Mulawarman.

Pada sebuah Yupa diterangkan bahwa Raja Mulawarman adalah raja yang mulia dan terkemuka, yang telah memberi sedekah berupa 20.000 ekor sapi kepada para brahmana di tanah suci waprakeswara (tanah suci yang ditinggalkan untuk menyembah Dewa Syiwa).

Tugu ini dibuat para brahmana untuk menghormati kebaikan Raja Mulawarman. Berdasarkan keterangan ini, diduga Kerajaan Kutai merupakan sebuah kerajaan yang cukup kaya dan makmur.

Dengan demikian Asmawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan Kutai karena Asmawarman adalah pendiri Kerajaan Kutai dan pembentuk silsilah keluarga atau dinasti Kerajaan Kutai.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button